Negara Mana yang Paling Dermawan Tahun Ini?

Negara Mana yang Paling Dermawan Tahun Ini?
info gambar utama

Tahun 2017 lalu, Myanmar terpilih menjadi negara paling dermawan sedunia, karena sebanyak 91 persen warga Myanmar gemar mendonasikan uang mereka. Hal tersebut terjadi lantaran 80-90 persen masyarakat Myanmar ingin mengaplikasikan ajaran Buddha.

Namun pada tahun ini, Indonesia berada di peringkat teratas sebagai negara paling dermawan di World Giving Index 2018. Indonesia mengalahkan negara-negara maju lain seperti Amerika Serikat (AS), Selandia Baru, Singapura, dan Belanda.

Indonesia terpilih menjadi negara paling dermawan di dunia menurut survei asal Britania, Charities Aid Foundation (CAF). Peringkat ini naik satu tingkat dibandingkan dengan tahun 2016, saat itu Myanmar berada diposisi pertama, sementara Indonesia diurutan selanjutnya.

Dalam surveinya, CAF memiliki penilaian di 3 kategori, 1) Menolong orang asing agtau tidak dikenal yang membutuhkan bantuan, 2) Menyumbang untuk amal, 3) Berpartisipasi dalam organisasi (volunteerism)

Dikutip dari CNBC Indonesia, menurut Timotheus Lesmana, Ketua Filantropi Indonesia, CAF World Giving Index 2018 menempatkan Indonesia dalam peringkat nomor pertama untuk masyarakat paling sering berdonasi. Ini menunjukkan bahwa ada tren menurun tentang kedermawanan masyarakat dunia.

Berikut adalah nilai Indeks perilaku dermawan (dalam persen) :

  1. Indonesia 59%
  2. Australia 59%
  3. Selandia Baru 58%
  4. Amerika Serikat 58%
  5. Irlandia 56%
  6. Inggris 55%
  7. Singapura 54%
  8. Kenya 54%
  9. Myanmar 54%
  10. Bahrain 53%

--

Sumber : CNBC Indonesia, Liputan6, Katadata

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini