8 Destinasi Wajib Dikunjungi di Boyolali

8 Destinasi Wajib Dikunjungi di Boyolali
info gambar utama

Kabupaten Boyolali terkenal dengan pemandangan Gunung Merapi dan Gunung Merbabu yang indah dari lokasi geografisnya yang dekat dengan Surakarta, dan menawarkan beragam atraksi, baik alam maupun buatan manusia.

Berikut adalah delapan tempat yang harus dikunjungi di Boyolali yang dikutip dari kompas.com:

1. Bukit Gancik

A post shared by INDONESIA | #ayodolan (@ayodolan) on

Bertengger di ketinggian 1.850 meter di atas permukaan laut, Bukit Gancik - atau puncak Gancik - adalah tempat untuk memanjakan mata Anda dengan panorama gunung Merapi, Merbabu, dan Lawu. Pengunjung dapat menikmati pemandangan spektakuler pegunungan pada hari yang cerah dan mengambil gambar untuk biaya masuk minimal Rp 5.000.

2. Tlatar Water Park

A post shared by tlatar Outbound (@mulyadinata_86) on

Sebuah tujuan ekowisata yang menampilkan mata air alami yang meluap dari lapisan batuan vulkanik, Tlatar Water Park adalah situs favorit untuk berenang, mandi, dan bahkan bertani. Para pengunjung muda diajak untuk mengambil bagian dalam kegiatan pendidikan luar ruang seperti menanam padi dan membajak sawah.

3. Alun-alun Kidul Boyolali

A post shared by Ardy A Hidayat (@irhabiiy) on

Alun-alun Kidul Boyolali menonjol karena patung sapi raksasa, yang merupakan tempat berswafoto populer di kalangan pengunjung. Berbagai sajian kuliner juga tersedia dari pedagang kaki lima berjejer di alun-alun.

4. Gunung Merapi

Salah satu gunung berapi paling aktif di Indonesia, Gunung Merapi juga merupakan tujuan hiking yang terkenal. Para pendaki dapat memulai pendakian mereka dari pos Selo Baru di kecamatan Selo.

5. Gunung Merbabu

Selo juga merupakan titik awal untuk mendaki Gunung Merbabu, yang secara luas dianggap sebagai salah satu gunung terindah di Jawa. Gunung Merbabu dikenal karena savana yang luas di dekat puncaknya.

6. Umbul Tirtomulyo

Pemandian umum yang diwarisi dari Keraton Kasunanan Surakarta, Umbul Tirtomulyo terletak di Desa Kemasan, tepat di depan kantor kecamatan Kesawit.

Umbul Tirtomulyo menyerupai kolam renang kerajaan Tamansari di Yogyakarta, tetapi memiliki struktur yang lebih sederhana.

7. Kebun Raya Indrokilo

Membentang 8,9 hektar, Indrokilo menampilkan bagian tematik termasuk labirin, rumah kaca, dan kamar anak-anak.

Taman ini dibangun sebagai pusat konservasi untuk tanaman dataran rendah yang berasal dari hutan hujan Jawa Timur dan sebagai tempat rekreasi lokal. Meski masih dalam tahap pembangunan, Indrokilo sudah terbuka untuk umum.

8. Candi Lawang

Candi Lawang adalah candi Hindu yang terletak di dusun Dangean di kecamatan Gedangan, kecamatan Cegopo.

Kuil ini diperkirakan dibangun pada 750-800 A.D.


Sumber: Jakarta Post

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini