Alif Stone Park Natuna Jadi Unggulan Juara di Anugerah Pesona Indonesia

Alif Stone Park Natuna Jadi Unggulan Juara di Anugerah Pesona Indonesia
info gambar utama

Wilayah Kepulauan Natuna, perlahan-lahan mulai menunjukkan eksistensinya. Daerah yang terkenal dengan hasil kekayaan alam berupa minyak dan gas bumi nya ini ternyata juga menyimpan sejuta pesona alam yang indah. Sebagai daerah kepulauan, Natuna memiliki banyak pulau-pulau kecil dengan pantai indah nan menawan serta beberapa gunung dan air terjun. Salah satu yang unik adalah banyaknya bebatuan granit yang tersebar di beberapa tempat di daerah ini.

Bebatuan granit dengan beragam ukuran ini menjadi daya tarik tersendiri yang melengkapi keindahan alam Natuna. Konon usianya sudah ratusan juta tahun, lho!. Sebaran bebatuan ini akan banyak kita jumpai di sisi timur pulau Bunguran, letaknya yang bertumpuk-tumpuk seakan membentuk suatu formasi melengkapi indah dan uniknya wilayah ini.

Salah satunya adalah Batu Alif yang terletak di Kecamatan Bunguran Timur. Orang biasa menyebut tempat ini dengan Alif Stone Park atau Taman Batu Alif. Taman Batu Alif ini terdiri dari tumpukan bebatuan granit beragam ukuran di tepian pantai. Oleh pengelolanya, Batu Alif disulap menjadi taman bebatuan dengan menambahkan fasilitas-fasilitas seperti jembatan kayu yang menghubungkan antar bebatuan, spot-spot instagamable, toilet dan penginapan. Uniknya tempat ini adalah kita bisa menikmati indahnya sunrise ketika pagi hari, serta agungnya sunset ketika matahari akan terbenam, sebuah tempat yang sangat strategis bukan?

Berangkat dari sini pulalah, Alif Stone Park menjadi nominator dalam ajang API 2018. API (Anugerah Pesona Indonesia) merupakan Ajang Pariwisata Terpopuler Indonesia yang diadakan setiap tahun (mulai dari 2016, www.anugerahpesonaindonesia.com) dan didukung penuh oleh Kementerian Pariwisata RI. Kegiatannya dilakukan dalam bentuk pemberian penghargaan kepada Obyek dan Tujuan Wisata Terpopuler di Indonesia.

Natuna sudah dua kali masuk nominasi dalam ajang bergengsi pariwisata ini, setelah tahun lalu Pantai Sisi di Serasan menyabet juara Tiga kategori Objek Wisata Bersih Terpopuler. Kali ini giliram Alif Stone Park yang akan unjuk gigi dalam kategori Objek Wisata Unik Terpopuler. Dan, voila! Alif Stone Park menduduki peringkat pertama dalam kategori tersebut. Sampai saat berita ini ditulis, Alif Stone Park menduduki peringkat pertama dalam ajang bergengsi tersebut. Melalui pernyataan dari Kepala Dinas Pariwisata Natuna, Bapak Erson Gempa yang dimuat dalam haluankepri.com (9/11) secara optimis mengatakan, Alif Stone Park sudah dipastikan menjadi juara 1 pada ajang kontestasi API tahun ini. Penilaiannya berdasarkan vote terbanyak, ajang ini dimulai bulan Juni lalu. Sementara sistem penilaiannya adalah kewenangan panitia API. Sementara pengumuman resminya akan diumumkan pada tanggal 22 Novemer nanti.

Dengan masuknya Alif Stone Park sebagai nominator kuat calon juara pada kategori Objek Wisata Unik Terpopuler dalam ajang bergengsi ini, diharapkan pariwisata Natuna akan semakin maju kedepannya. Karena daerah yang terletak di ujung utara Indonesia ini memiliki potensi wisata yang sangat indah dan menawan. Jadi, yuk ke Natuna!


Sumber:

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini