Christo Tembus 100 Besar Dunia

Christo Tembus 100 Besar Dunia
info gambar utama

Petenis nomor 1 Indonesia saat ini, Christopher Rungkat baru saja meraih gelar ke-4 nya di turnamen level Challenger di tahun 2018 ini. Christo yang berpasangan dengan Cheng-Peng Hsieh, petenis China Taipei, menjuarai turnamen ATP Challenger Shenzhen 2 di Shenzhen Cina pada 4 November 2018. Pasangan ini mengalahkan pasangan Jeevan Nedunchezhiyan (Ind)/N. Shiram Balaji (Ind) dengan skor 6-4, 6-2. Dengan kemenangan ini, peringkat Christo di peringkat ATP Tour ganda putra melejit tembus masuk ke 100 besar dunia di posisi 91, ranking tertinggi yang pernah diraih petenis berusia 28 tahun ini sepanjang karir tennis profesionalnya sejak tahun 2007.

Di musim 2018 ini, Christo telah sukses menjalani salah satu musim terbaiknya dengan menjuarai 4 turnamen Challenger, 1 seri ITF F3 dan 1 medali emas Asian Games. Perjalanannya pada tahun ini dibuka dengan menjuarai turnamen ATP Challenger The RBC Tennis Championships of Dallas di Dallas, USA (4 Feb 2018) berpasangan dengan Jeevan Neduncheziyan (Ind), lalu ATP Challenger Busan Open di Busan, South Korea (20 Mei 2018) berpasangan dengan Cheng-Peng Hsieh (Tpe), dan ATP Fairfield di Fairfield USA berpasangan dengan Sanchai Ratiwatana (Tha). Berpasangan dengan petenis Indonesia lainnya, Justin Barki, Christo menjuarai turnamen kelas ITF Indonesia F3 di Jakarta (12 Agt 2018).

Satu lagi gelar bergengsi diraih Christo saat membela tanah air di ganda campuran tenis Asian Games 2018 di Palembang. Berpasangan dengan Aldila Sutjiadi, Christo berhasil meraih medali emas setelah mengalahkan pasangan Thailand Sonchat Ratiwatana/Luksika Kumkhum 6-4, 7-5 (10-7).

Walau Challenger bukan merupakan turnamen level tertinggi di kancah kompetisi tenis dunia, namun perjuangan Christo meraih peringkat tertingginya saat ini tidaklah mudah. Tengok saja, di turnamen Challenger yang dijuarainya di Dallas, USA 4 Februari lalu, tak tanggung-tanggung Christo yang berpasangan dengan Jeevan Neduncheziyan berhasil mengalahkan salah satu pemain yang pernah menduduki peringkat 1 ganda putera ATP, Leander Paes yang berpasangan dengan Joe Salisbury dengan skor 6-4, 3-6, 10-7.

Peringkat ATP yang diraih Christo di sektor ganda putera ini juga merupakan peringkat tertinggi yang pernah dicapai oleh petenis Indonesia. Apabila Christo dapat mempertahankan peringkatnya hingga awal tahun 2019, maka ia berhak masuk babak kualifikasi Grand Slam Australian Open 2019, salah satu turnamen tenis kasta tertinggi di dunia. Dan jika Christo mampu terus mempertahankan konsistensi permainannya, tembus ke peringkat 50 dunia bukan sesuatu yang tak mungkin.

Sumber: ATP World Tour

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini