Festival Literasi di Surakarta Ajak Masyarakat Untuk Menulis

Festival Literasi di Surakarta Ajak Masyarakat Untuk Menulis

Berita Foto: Siswi SMAN 7 Surakarta Menangi Lomba Antologi Puisi © Sumber: Mentari Online

Ayo bantu mencegah penyebaran Covid-19 dengan menjaga jarak fisik dengan orang lain atau dengan di rumah saja 🌎🏠

Festival Literasi Gerakan Menulis Buku Indonesia diadakan pada 6 November yang lalu di Graha Saba Convention Center di Surakarta, Jawa Tengah, sebagai cara untuk mengajak orang untuk menulis.

Sebanyak 850 orang yang terdiri dari siswa, guru, mahasiswa, dosen, dan komunitas menulis dari berbagai daerah memadati Gedung Graha Saba Buana, Surakarta, Selasa pagi (6/11/2015), untuk mengikuti Festival tersebut.

Festival ini diselenggarakan oleh program Gerakan Menulis Buku Indonesia (GMBI), festival ini adalah event puncak dari serangkaian acara sastra yang diadakan oleh GMBI. Acara tersebut dihadiri oleh 850 orang, terdiri dari siswa, guru, dan anggota komunitas penulis dari berbagai provinsi.

"Kegiatan ini sudah dilaksanakan dengan serentetan kegiatan berturut-turut dalam waktu satu tahun, dan ini puncaknya," kata Suryo saat ditemui di lokasi, Selasa.

Acara Festival Literasi di Gedung Graha Saba Buana, Solo, Jawa Tengah pada Selasa (6/11/2018).(KOMPAS.com/LUTFIA AYU AZANELLA)  Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Festival Literasi, Upaya Menggerakkan Masyarakat untuk Menulis", https://edukasi.kompas.com/read/2018/11/06/12274311/festival-literasi-upaya-menggerakkan-masyarakat-untuk-menulis.  Penulis : Luthfia Ayu Azanella Editor : Bayu Galih
Acara Festival Literasi di Gedung Graha Saba Buana, Solo, Jawa Tengah pada Selasa (6/11/2018) | Foto: Lutfia Ayu Azanella/ Kompas.com

Suryo Handono, kepala Gerakan Literasi Nasional, yang didirikan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dikutip dari kompas.com mengatakan bahwa festival tersebut bertujuan untuk memotivasi orang untuk menulis.

Suryo melanjutkan dengan mengatakan bahwa kementerian menyediakan kegiatan untuk mendorong para guru dan siswa untuk menulis secara teratur.

Sejumlah pelatihan menulis juga diberikan sebagai dasar teknis yang dapat dipelajari oleh mereka. Hasil dari tulisan-tulisan itu kemudian diperlombakan di tingkat nasional sebagai bentuk apresiasi atas partisipasi aktif masyarakat. "Sebenarnya pesertanya hanya dari Solo Raya, kemudian berkembang jadi Jawa Tengah," ujar Suryo.

Acara tahun ini adalah kedua kalinya festival ini diadakan, yang menampilkan panel diskusi dan peluncuran buku, di antara banyak hal lainnya. Sebuah kompetisi puisi di festival itu memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) untuk mengumpulkan 19.991 puisi.

Sumber: Jakarta Post | Kompas.com

WHO merekomendasikan beberapa langkah dasar untuk membantu mencegah penyebaran Covid-19.

  1. Cuci tangan sesering mungkin setidaknya selama 20 detik
  2. Jika batuk/bersin arahkan ke lipatan siku
  3. Bersihkan dan disinfeksi benda yang sering disentuh
  4. Tetap di rumah saja bagi yang bisa
  5. Pakai masker bila keluar dari rumah
  6. Hindari menyentuh wajah
  7. Jaga jarak fisik dengan orang lain (physical distancing)

Yuk, saling menjaga dan membantu. Semoga kita semuanya diberikan kesehatan dan bisa melalui keadaan saat ini.

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi100%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Untuk membantu kami agar lebih baik, kamu bisa memberikan kritik dan saran terkait web ini kepada GNFI di halaman Kritik dan Saran. Terima kasih.
Tradisi Mappalette Bola, Pindah Rumah yang Sebenarnya Sebelummnya

Tradisi Mappalette Bola, Pindah Rumah yang Sebenarnya

Hobbit dan Mata Menge, ‘’Manusia Purba’’ Flores yang Menyulut Perdebatan Arkeolog Dunia Selanjutnya

Hobbit dan Mata Menge, ‘’Manusia Purba’’ Flores yang Menyulut Perdebatan Arkeolog Dunia

Vita Ayu Anggraeni
@ayuvitaa

Vita Ayu Anggraeni

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.