Kamus Bahasa Indonesia Kini Dalam Versi Braille

Kamus Bahasa Indonesia Kini Dalam Versi Braille
info gambar utama

Lembaga bahasa Indonesia Badan Bahasa telah menerbitkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) dalam huruf braille.

Menurut kantor berita Antara, KBBI braille diluncurkan pada Kongres Bahasa Indonesia XI, yang diadakan di Jakarta dari 28 hingga 31 Oktober 2018.

Kongres Bahasa Indonesia XI Tahun 2018 menghadirkan 27 pembicara kunci dan undangan, serta 72 pemakalah seleksi yang berasal dari dalam dan luar negeri. Peserta yang akan mengikuti kongres tersebut berjumlah 1.031 orang yang terdiri atas para pemangku kepentingan, seperti pejabat publik, akademisi, budayawan, tokoh pegiat, pakar, guru, praktisi/pemerhati bahasa dan sastra Indonesia serta daerah, serta para tamu undangan. Tamu undangan yang hadir merupakan perwakilan dari 26 negara-negara sahabat.

Dadang Sunendar, kepala lembaga pengembangan bahasa di Kementerian Kebudayaan dan Pendidikan, mengatakan bahwa KBBI braille dirancang untuk memungkinkan akses bagi mereka yang memiliki gangguan penglihatan.

Mengutip situs resmi Kementerien Pendidikan dan Kebudayaan, secara fisik KBBI Braille tidak jauh berbeda dari KBBI V. Hanya saja terdapat tambahan nama instansi pengalih huruf berikut pencetaknya serta logo Braille. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbud bekerja sama dengan Balai Penerbitan Braille Indonesia Kementerian Sosial dalam penyusunan KBBI Braille tersebut.

Ada tiga tahap dalam memproduksi KBBI braille dan mereka melibatkan orang-orang dengan gangguan penglihatan. Setelah mengubah huruf menjadi braille di tahap pertama, proses pengeditan melibatkan gangguan penglihatan untuk menghindari salah eja.

KBBI braille dibagi menjadi 138 bab dan setiap bab berisi 50 halaman kertas braille, kertas khusus yang digunakan untuk produksi buku braille.


Sumber: Jakarta Post | Tempo.co | Republika

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini