Menuju Indonesia Bebas Topeng Monyet di Tahun 2020

Menuju Indonesia Bebas Topeng Monyet di Tahun 2020
info gambar utama

Kampanye untuk membebaskan monyet ekor panjang (Macaca Fascicularis) dari jerat profesi topeng monyet terus dilakukan. Melalui kamapanye animal welfare berjudul Indonesia Bebas Topeng Monyet 2020, dalam dua tahun ke depan diharapkan tak ada lagi penggunaan monyet sebagai ladang mencari nafkah.

Pemerintah sebetulnya sudah membuat larangan adanya topeng monyet. Tercatat sejak DKI Jakarta dipimpin oleh gubernur Joko Widodo pada 2013, saat itu Jokowi sudah menyerukan larangan dan penertiban topeng monyet.

Larangan dari Jokowi kemudian disusul surat edaran gubernur Jawa Barat no.524.31/1504/Rek tanggal 30 Maret 2015 yang menyatakan, larangan dan penertiban pertunjukan topeng monyet dengan Kota Bandung sebagai pilot project-nya.

Bandung sengaja dipilih karena praktek liar ini sangat menjamur di provinsi Jawa Barat. Langkah nyata pun telah dilakukan, dengan pelepasliaran 17 dari 59 monyet ekor panjang hasil penertiban di kawasan Bandung, Cirebon, dan Tasikmalaya.

Cagar Alam Gunung Tilu menjadi tujuan pelepasliaran, yang mulai dilakukan sejak 26 Oktober lalu. Namun sebelum dilepas ke habitat aslinya, hewan-hewan primata tersebut direhabilitas terlebih dulu di Rumah Sakit Hewan Cikole, Kabupaten Bandung Barat, agar tidak ada penyakit atau virus yang dibawanya ke habitat.

Rehabilitasi juga digunakan untuk memantau apakah monyet tersebut mampu hidup berkelompok di alam liar, dan tak melulu bergantung pada manusia yang selama ini menjadi majikannya.

“Jadi tim dari JAAN dan Satpol PP saling berkoordinasi, ikut menertibkan orang yang melakukan praktik topeng monyet, lalu juga diambil monyetnya untuk diserahkan dan direhabilitasi untuk disiapkan dilepasliarkan kembali,” ucap Kadis Ketahanan Pangan dan Peternakan, Dewi Sartika, pada Liputan6.

“Ini adalah pelepasliaran pertama kali, karena proses melepasliarkan itu tidak sederhana. Meskipun sudah bekerjasama dengan JAAN sejak 2014, karena monyetnya kita periksa dulu. Sakitnya itu kebanyakan TBC,” imbuhnya.

Kampanye Indonesia Bebas Topeng Monyet 2020 tidak hanya berlangsung di Jawa Barat dan sekitarnya. Beberapa provinsi lain juga aktif melakukan penertiban topeng monyet, di antaranya adalah DI Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan disusul Banten dalam waktu dekat.


Sumber: Liputan6, BaleBandung

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini