Berdoa dan Memuji Tuhan Melalui Musik Sunda di Festival Bogor

Berdoa dan Memuji Tuhan Melalui Musik Sunda di Festival Bogor
info gambar utama

Festival Etnomusik Tanah Sunda diadakan pada 27 Oktober di Kuil Parahyangan Agung Jagatkarta di desa Ciapus, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Diprakarsai oleh Talataaki Production, sebuah organisasi nirlaba yang fokus pada musik Sunda, festival ini menampilkan para humanis dan musisi Sunda berdoa dan memuji Tuhan melalui musik tradisional daerah tersebut.

Pengkhotbah Muslim Shabbir Hasan Warsi dari pusat kebudayaan India Jawaharlal Nehru di Jakarta memainkan tabla dan sitar, mewakili kebudayaan India
info gambar

Kepala Talataaki Production Iwan Toruan mengatakan tujuan dari festival ini adalah untuk berdoa bagi harmoni di Indonesia dan perdamaian dunia melalui kecapi suling, karena berdoa dapat dilakukan melalui seni.

Aliran musik dari daerah Jawa Barat lainnya seperti Subang, Bandung, dan Cianjur ditampilkan dalam festival. Musik tradisional dari Jepang, India, dan Cina juga dipamerkan oleh peserta asing masing-masing.

Dua pemain Harpa Jepang dari Jakarta Koto Club | Foto: Theresia Sufa
info gambar

"Acara ini adalah kesempatan untuk memperkenalkan kecapi suling klasik Sunda kepada dunia, dengan harapan bahwa kesenian harmonis ini dapat bertahan di masa depan," kata Iwan.

Selain pertunjukan musik Sunda, ada juga sesi diskusi di daerah biogeografis Sundaland, Lemuria, dan Atlantis, serta pameran untuk kerajinan tradisional Sunda.


Sumber: Jakarta Post

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini