Kemewahan dalam Kegagahan Dua Mobil Militer Baru Indonesia

Kemewahan dalam Kegagahan Dua Mobil Militer Baru Indonesia
info gambar utama

Indonesia kembali menciptakan inovasi di bidang transportasi. Tapi kali ini bukan kendaraan irit bahan bakar atau kendaraan modifikasi yang dipamerkan, melainkan kendaraan militer untuk menjaga perbatasan negara dan menangkal aksi terorisme.

Dua mobil sekaligus dibuat oleh PT Jala Berikat Nusantara Perkasa. Produsen kendaraan taktis (rantis) asal Bandung itu memajang dua mobil purwarupa dengan keunggulan masing-masing pada pameran Indo Defense 2018, Kamis lalu (8/11).

Pameran yang juga menjadi ajang promosi bisnis dan teknologi berskala internasional itu digagas oleh Kementrian Pertahan Republik Indonesia. Bertempat di Jakarta International (JI) Expo Kemayoran Jakarta, ada dua mobil yang dipamerkan berbeda kegunaan.

Pertama adalah mobil penjaga bertasan. Diberi nama JTV (Joint Tactical Vehicle), mobil ini akan digunakan prajurit TNI yang bertugas di perbatasan Indonesia. Rencananya JTV akan diproduksi pada 2019, dengan harga yang belum diungkap ke publik.

Mobil rantis JTV | CNN Indonesia
info gambar

JTV memakai basis Toyota Land Cruiser, tapi fisiknya diubah sedemikian rupa sehingga menjadi mobil militer. Untuk ukurannya, mobil ini berdimensi panjang 5.590 mm, lebar 2.334 mm, tinggi 2.070 mm, dan wheelbase 3.180 mm. Beratnya mencapai 2,3 ton, sehingga hanya mampu melaju maksimal 120 Km/jam.

Walau sangat berat dan kecepatannya berkurang, namun tenaga yang dihasilkan JTV sangatlah besar. Mesin diesel DOHC V8-nya berkapasitas 4.461 cc, yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 202 hp pada RPM 3.400 dan torsi 430 Nm mulai RPM 1.200-3.200.

Nantinya JTV akan dibuat anti peluru dengan melapisi seluruh bodinya memakai baja, dank aca anti peluru. Untuk fitur pelengkapnya, ada derek dengan beban maksimal 4,5 ton, towing, sirene, lampu LED, alat pemadam kebakaran, peralatan darurat, dan dua tangka bahan bakar cadangan yang masing-masing berkapasitas 20 liter.

Beralih ke mobil kedua, purwarupa yang satu ini dinamakan SUV VVIP. Sesuai namanya, kendaraan ini diperuntukkan untuk kalangan VVIP, yakni presiden dan para ejabat negara.

https://www.instagram.com/p/Bp6XTTrBZrQ/

Kemewahan dalam ketangguhan, menjadi nuansa yang paling kental di kendaraan yang juga berbasis Toyota Land Cruiser ini. Dimensi sasisnya tetap sama yakni panjang 5.590 mm, lebar 2.334 mm, tinggi 2.070 mm, dan wheelbase 3.180 mm. Kapasitas mesinnya juga tidak diubah, tetap 4.500 cc.

Oleh karena itu, tenaga yang dihasilkan SUV VVIP juga sama seperti JTV. Tenaga sebesar 202 hp pada RPM 3.400, dan torsi 430 Nm mulai RPM 1.200-3.200. Kecepatan maksimalnya mencapai 120 Km/jam.

Fitur pertahanannya juga sama dengan JTV, yaitu anti peluru di bodi dan kaca, derek, towing, sirene, lampu LED, alat pemadam kebakaran, dan peralatan darurat. Yang membedakan adalah, di SUV VVIP ada kamera khusus malam hari di bemper depan dan belakang, GPS, serta kontak senjata di pintu depan dan belakang.

Kabin penumpang juga jauh lebih spesial. Menggunakan kulit berkualitas dan bertipe captain seat, susunan kursinya bisa diisi empat orang. Peralatan pendukungnya juga sama seperti yang tersedia di mobil-mobil premium.


Sumber: Beritagar, CNN Indonesia

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini