Duduk Lesehan, Bukti Antusias Orang Tua Mengikuti Pelatihan Parenting SLI di MI Tarbiyah Islamiyah Indramayu

Duduk Lesehan, Bukti Antusias Orang Tua Mengikuti Pelatihan Parenting SLI di MI Tarbiyah Islamiyah Indramayu
info gambar utama

Tulis berita baik Anda di sini..

Indramayu, 13 November 2018 Konsultan Relawan Sekolah Literasi Indonesia melaksanakan pelatihan parenting di MI Tarbiyah Islamiyah Indramayu sebagai salah satu sekolah dampingan Dompet Dhuafa Pendidikan. Pelaksanaan parenting dimaksudkan untuk memberikan pemahaman kepada orang tua pentingnya membangun sinergi antara sekolah dan keluarga karena keselarasan pendidikan di rumah, di sekolah dan lingkungan masyarakat adalah kunci untuk membuka gerbang kemanusian pada setiap diri anak. Dan Hal sederhana yang bisa ditempuh untuk membangun sinergi tersebut ialah menguatkan komunikasi antar ketiganya.

Kawan Jumrawati selaku pemateri parenting, memandu orang tua untuk membangun rumah pendidikan dari susunan aqua gelas, susunan pertama dianalogikan keluarga sebagai pondasi dasar seorang anak, susunan kedua dianalogikan sebagai sekolah mitra pendidikan keluarga dan susunan puncak adalah masyarakat sebagai wadah aplikasi pendidikan. Dilanjutkan lagi dengan membentuk sebuah segitiga pelaksana pendidikan pada tangan orang tua. Games dan segitiga ini merupakan apersepsi awal kawan untuk menggiring orang tua pada materi pelatihan parenting.

Kegiatan ini dimulai pada pukul 09.30-11:30 yang dibuka langsung oleh ibu Maskunah, S.Pd.I selaku ibu kepala madrasah. Ucapan syukur dan terima kasih dilayangkannya pada bapak ibu dan pengurus komite yang telah menyempatkan hadir dalam kegiatan hari ini, “sekolah tidak dapat berdiri sendiri dalam menyandang tugas atau tanggungjawab pendidikan namun dibutuhkan kerjasama dari kita semua” ucapnya. Pelatihan dihadiri oleh 150 dari 190 jumlah keseluruhan orang tua siswa, dan tergolong sebagai kegiatan yang paling banyak menghadirkan orang tua sepanjang pertemuan antara sekolah dan orang tua. Bahkan puluhan orang tua duduk di bangku dan lesehan di luar ruangan pelatihan. Hal ini dapat dikategorikan bukti antusias orang tua/wali murid MI Tarbiyah Islamiyah dalam mengikuti pelatihan parenting.

Selain pelatihan parenting juga dilaksanakan pemilihan komite kelas dilanjutkan pengukuhan 6 komite kelas oleh ketua komite sekolah. Kegiatan hari ini diakhiri oleh pemaparan ibu kepala madrasah tentang cara melihat rapor kurikulum 2013 kepada orang tua siswa. Pemaparan ini dinilai sangat penting untuk membangun sinergi sekolah dengan keluarga.


Sumber:

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini