Negara Ini Undang Lebih Banyak Wisatawan Indonesia

Negara Ini Undang Lebih Banyak Wisatawan Indonesia
info gambar utama

Zanzibar, tempat mendiang bintang rock legendaris Freddie Mercury dari band Queen dilahirkan, bertujuan untuk menarik wisatawan Indonesia ke kepulauan semi otonom di lepas pantai Tanzania tersebut.

Menurut kompas.com, hanya sejumlah kecil orang Indonesia yang pernah mengunjungi Zanzibar, meskipun banyak kesamaan antara kedua negara dan masyarakatnya.

Sesuai namanya, The Rock Restaurant memang berada di atas batu karang setinggi tujuh meter di Zanzibar, Afrika Timur. Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul
Sesuai namanya, The Rock Restaurant memang berada di atas batu karang setinggi tujuh meter di Zanzibar, Afrika Timur | SUmber: Dailymail.co.uk

"Zanzibar dan Indonesia telah menjalin hubungan baik selama 400 hingga 500 tahun. Cengkeh di Zanzibar berasal dari Indonesia. Di masa lalu, orang Indonesia berdagang rempah-rempah dengan Zanzibar dengan berlayar selama angin Musson," kata Menteri Informasi, Pariwisata dan Sejarah Zanzibar Mahmoud Thabit Kombo selama Zanzibar Tourism Show di Jakarta pada hari Selasa.

Red Colobus Monkey (Procolobus kirkii) in Jozani Forest, Zanzibar, Tanzania(Dok. Wikipedia) Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul
Red Colobus Monkey (Procolobus kirkii) di Jozani Forest, Zanzibar, Tanzania | Sumber: Wikipedia

Mahmoud mengatakan bahwa satu kesamaan yang dimiliki Indonesia dan Zanzibar adalah bahwa populasi Zanzibar juga didominasi Muslim dan karena itu akan mudah bagi umat Islam Indonesia untuk menikmati pariwisata halal di sana.

Pertemuan bisnis diadakan antara pejabat Kementerian Pariwisata Zanzibar dan para pelaku pariwisata Indonesia untuk memperkenalkan paket wisata Zanzibar. Rencana untuk memperkenalkan penerbangan langsung dari Indonesia ke Zanzibar adalah salah satu upaya yang dilakukan oleh Zanzibar untuk memikat wisatawan Indonesia.

"Sekitar 2 juta orang Indonesia bepergian ke luar negeri. Jika kita dapat menarik hanya 1 persen dari mereka, yaitu 20.000, itu akan sangat baik," kata Mahmoud, menambahkan bahwa lebih sedikit orang Asia yang mengunjungi Zanzibar daripada orang-orang dari daerah lain.

Stone Town di Zanzibar | Sumber: Migrationology
info gambar

Turis Tiongkok merupakan jumlah terbesar wisatawan Asia ke Zanzibar dengan 7.000 pengunjung per tahun, diikuti oleh India dengan 6.000 pengunjung. Menurut data terbaru, hanya 60 hingga 65 orang Indonesia telah mengunjungi Zanzibar tahun ini.

Dikenal sebagai penghasil bumbu, Zanzibar menawarkan banyak tujuan, termasuk sejarah, budaya, laut, dan tujuan petualangan serta festival tahunan.

Visa On Arrivals (VOA) tersedia bagi orang Indonesia untuk memasuki Zanzibar.


Sumber: Jakarta Post

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini