Berlibur Hemat ke Nusa Penida

Berlibur Hemat ke Nusa Penida
info gambar utama

Pantai-pantai putih, laut biru safir dan pemandangan karst yang menakjubkan adalah apa yang memancing wisatawan untuk berkunjung ke Nusa Penida.

Pantai Kelingking, Nusa Penida | Sumber: Harga Tiket Masuk
info gambar

Terletak di tenggara Bali, pulau ini adalah tempat yang sangat indah dengan ribuan pengunjung setiap harinya. Bagi mereka yang berencana menikmati keindahan Nusa Penida, berikut adalah beberapa tips untuk perjalanan yang menyenangkan, hemat biaya seperti yang disusun oleh kompas.com:

1. Beli tiket crossing kapal jauh sebelum

Nusa Penida dapat dicapai dengan speed boat yang akan membawa Anda dari Pelabuhan Sanur di Bali ke Pelabuhan Banjar Nyuh di Nusa Penida. Satu kali perjalanan dengan biaya Rp 75.000. Kapal berangkat dari Pelabuhan Sanur pada pukul 08:15, 10:45, dan 3 sore. Dari Banjar Nyuh Port, berangkat jam 9:15 pagi, 2:15 siang, dan jam 5 sore.

Meskipun tiket dapat dibeli di tempat, hanya tiket dalam jumlah terbatas yang dijual setiap hari. Lebih baik untuk membeli tiket setidaknya satu hari sebelumnya untuk menghindari antrean panjang.

2. Sewa kendaraan

Satu-satunya cara untuk bergerak di Nusa Penida adalah dengan menyewa kendaraan, sehingga penduduk sekitar Pelabuhan Banjar Nyuh biasanya menawarkan kendaraan untuk disewakan.

Sewa satu hari reguler adalah Rp 75.000 untuk sepeda motor dan Rp 500.000 untuk mobil.

Harga ini termasuk gas, jadi pastikan tangki kendaraan sudah diisi sebelum menyewa.

3. Tempat wisata “Murah”

Raja Lima, atau Molenteng sebagai penduduk setempat menyebutnya, adalah tempat wisata yang terletak 45 menit dari Banjar Nyuh Port.

Lokasi ini memiliki rumah pohon di mana pengunjung dapat mengambil gambar dengan laut yang luas dan latar belakang karst.

Pantai Atuh dan Diamond adalah dua tempat wisata yang paling dekat dengan Raja Lima.

Daerah ini sangat menonjol dengan pasir putih khas Tanjung Penida, laut yang jernih, dan karst.

Tujuan-tujuan ini hanya menarik biaya Rp 5.000 untuk masuk dan juga terletak di dekat Banjar Nyuh Port, cocok sekali untuk perjalanan singkat.

Rumah pohon Raja Lima, Nusa Penida | Sumber: gonusapenida
info gambar

4. Maksimalkan kunjungan Anda

Setiap sudut Pulau Nusa Penida menawarkan pemandangan yang indah. Tim kompas.com menemukan lebih dari lima tempat pengambilan foto menarik di Raja Lima saja. Memaksimalkan waktu berkunjung di setiap tujuan mengarah ke meminimalkan pengeluaran.

5. Persiapkan persediaan dan peralatan

Nusa Penida sangat hangat di siang hari, jadi terapkan tabir surya untuk perlindungan kulit. Pakaian dan alas kaki yang nyaman juga hal yang wajib. Serta bawa minuman dan kudapan untuk menghemat uang, karena di situs wisata tersebut harganya cukup mahal.

6. Tepat waktu

Ketepatan waktu adalah kunci untuk kunjungan Pulau Nusa Penida yang lebih murah. Kehilangan jadwal penyebrangan perahu cepat berarti menunggu keberangkatan hari berikutnya. Nusa Penida memiliki beberapa penginapan dengan harga mulai dari Rp 200.000 hingga 300.000 per malam, tetapi kamar kosong tidak selalu tersedia.


Sumber: Kompas | Jakarta Post

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini