Sejuta Kecantikan yang Hadir di Pulau Taka Makassar Tapi Bukan di Makassar

Sejuta Kecantikan yang Hadir di Pulau Taka Makassar Tapi Bukan di Makassar
info gambar utama

Mengulik keragaman wisata juga keindahan alam Indonesia nampaknya selalu ta ada habisnya. Rupanya Ibu Pertiwi masih menyimpan sapta pesona yang tentunya memberikan kejutan bagi para penikmatnya. Salah satunya yang datang dari sebuah pulau terpencil tak berpenghuni, namun memiliki keindahan bahari yang menakjubkan, yakni Pulau Taka Makassar.

Pulau Taka Makassar dikenal memiliki spot snorkeling dan diving yang menawan. Hal itulah yang menjadi alasan mengapa banyak para petualang dari dalam maupun luar yang hadir untuk dapat berkunjung dan merasakan sendiri petualangan alam bawah laut milik Pulau Taka Makassar.

Sebelumnya pasti kawan GNFI menerka-nerka jika Pulau Taka Makassar tentunya berada di wilayah Sulawesi Selatan. Namun uniknya pulau ini justru berada di kawasan Taman Nasional Komodo Nusa Tenggara Timur.

Sebagai sebuah pulau, Taka Makassar dikelilingi oleh gosong pasir yang cantik dengan paduan pasir putih dan lautan biru jernih.

Bahkan disebut bahwa satu-satunya penghuni Pulau Taka Makassar yakni pasir putih itu sendiri juga ilalang yang tentunya semakin menambah cantik pemandangan.

Keindahan lainnya yang tersaji di Pulau Taka Makassar ialah berbagai terumbu karang yang tentunya menarik untuk diamati lebih dalam. Berbagai karang keras maupun lunak, gerombolan koral, dan berbagai biota laut hadir menghiasi sapta bahari yang disajikan pulau tersebut.

Dilansir melalui Detik bahwa Pulau Taka Makassar dibentuk dari pasir yang berkumpul dan membentuk daratan. Pulau pasir ini memang bisa dibilang memiliki ciri khas tersendiri sebab merupakan sebuah gugusan yang terdiri dari beberapa pulau dengan ukuran kecil. Beberapa di antaranya bersifat pasir timbul, yang hanya muncul saat air laut surut. Menariknya, luas pulau-pulau kecil ini tidak mencapai luas sebuah lapangan sepak bola, lho!

Untuk mencapai Taka Makassar, pengunjung biasanya menggunakan kapal pesiar besar yang diparkir di tengah laut. Kemudian para wisatawan dapat menggunakan kapal yang lebih kecil atau perahu karet bermotor untuk mencapai pulau ini. Kapal besar dilarang mendekati pulau sebab dapat merusak terumbu karang yang ada di wilayah tersebut.

Warna laut di sekitaran Taka Makassar ialah berwarna hijau tosca cerah yang menunjukkan bahwa airnya aman dan tidak dalam, sehingga pengunjung dapat berenang juga melakukan kegiatan air di sana.

Bagaimana? Tertarik untuk berkunjung ke sana?


Sumber: Detik | Super Adventure

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini