Chatbot Buatan Anak Bangsa Menang Line Boot Awards 2018 di Jepang

Chatbot Buatan Anak Bangsa Menang Line Boot Awards 2018 di Jepang
info gambar utama

Chatbot Indonesia Ica Ica terpilih sebagai pemenang hadiah utama pada 2018 Line Boot Awards pada Sabtu, tanggal 10 November yang lalu di Jepang.

Salah satu fitur yang ada di chatbot Ica Ica | Sumber: Ella
info gambar

LINE BOOT Awards 2018 merupakan kompetisi para pengembang dengan menggunakan LINE Messaging API dengan tujuan menghasilkan serangkaian layanan komunikasi baru. Berbagai layanan baru yang dihasilkan diharapkan dapat disukai oleh banyak orang, sehingga mampu menciptakan komunikasi antara manusia dengan informasi dan layanan-layanan lainnya. Di antara kategori yang ditampilkan dalam acara ini adalah Keluarga, Santai, Pelajar, Bisnis / Kerja, Grup, Home hacking, dan Insinyur.

"Pada ajang LINE BOOT Awards 2018, Ica Ica berhasil terpilih sebagai penerima Grand Prize Winner, sehingga hal ini membuktikan jika pengembang lokal di Indonesia pun memiliki kapasitas untuk bersaing dengan pengembang-pengembang lain dalam skala internasional," kata Kim.

Dari 1125 chatbot dari Jepang, Thailand, Taiwan, dan Indonesia, Ica Ica keluar sebagai pemenang hadiah utama, bersama dengan Toubans, yang memperoleh skor yang sama.

Para pengembang chatbot tersebut menerima hadiah uang tunai sebesar 10 juta yen.

Tampilan chatbot Ica Ica | Sumber: Ella
info gambar

Ica Ica adalah Chatbot Line yang dikembangkan oleh Perdy Ferdiansyah dan Nessa Ramadan yang bertujuan untuk menghilangkan kebosanan dengan mencari teman baru. Ica Ica memiliki sejumlah fitur menarik, termasuk Cari Jodoh, Family 100, dan Tebak Lagu.

Ica Ica memenangkan kompetisi LINE Creative 2018 bertema 'Bangga Indonesia' dan berhak mengikuti putaran final LINE BOOT 2018 di Jepang. Kredit: Istimewa
info gambar

Ica Ica telah digunakan oleh lebih dari 1,2 juta orang. Melalui metode monetisasi yang mencakup penawaran iklan dan fitur premium, pendapatannya telah melampaui biaya operasionalnya.

Sebelumnya, Line Indonesia mengadakan kompetisi chatbot melalui ajang Line Creativate 2018 yang berjudul "Proud of Indonesia". Sebagai pemenang utama acara dalam kategori Fun, Ica Ica berhak untuk mengambil bagian dalam acara utama di Jepang.


Sumber: Jakarta Post | Tempo

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini