Sistem Tes CPNS Bikin Bank Dunia Takjub. Kenapa?

Sistem Tes CPNS Bikin Bank Dunia Takjub. Kenapa?
info gambar utama

Tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang dilakukan dengan sistem komputer atau Computer-Assisted Test (CAT) mendapat apresiasi tinggi dari Bank Dunia. Badan internasional yang juga dikenal dengan World Bank itu menobatkan CAT BKN sebagai produk unggulan Indonesia kategori Civil Service Management.

Dilansir dari Liputan6.com, Bank Dunia mengirimkan summary report pada Badan Kepegawaian Negara (BKN) perihal CAT BKN sebagai inovasi untuk mengubah sistem rekrutmen kepegawaian sipil.

“Di Indonesia, badan Kepegawaian Negara (BKN) sukses memperkenalkan Computer-Assisted Test (CAT) untuk mengubah sistem rekrutmen sebelumnya dengan tahapan yang panjang dan rawan kecurangan. Sekarang pusat data jawaban dikontrol dengan sangat ketat, dan hasilnya bisa dilihat langsung di luar ruangan ujian. Sejak digunakan pertama kali pada 2013, CAT menjadi standar lebih dari 62 instansi dalam melakukan perekrutan pegawai baru.”

Itulah keterangan dari Bank Dunia mengenai apresiasi pada sistem CAT, yang diterjemahkan ke bahasa Indonesia. Kemudian perwakilan Bank Dunia di Indonesia, Edwin Ariadharma, mengatakan CAT BKN terpilih sebagai produk unggulan Indonesia lantaran proses rekrutmen CPNS yang kini lebih transparan, adil, dan akuntabel.

Dengan standar tes yang bagus, maka akan terjaring kandidat CPNS yang memang layak lolos karena kompetensinya, dan ke depannya bisa meningkatkan kualitas kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN).

Bank Dunia tidak menetapkan satu penilaian saja dalam menentukan pilihannya pada CAT BKN sebagai pilihan nomor satu di kategori Civil Service Management. Ada empat kriteria lainnya yang juga menjadi bahan pertimbangan, yakni aspek political leadership, aspek teknologi, aspek transparansi, dan aspek kapasitas instansi.

Civil Service Management sendiri merupakan salah satu kategori dalam Sektor Peningkatan Kinerja Publik di World Bank Global Report 2018. Kategori lainnya adalah Driving Results from the Center of Government, Innovations in Managing Public Money, New Approaches to Last-Mile Service Delivery, dan Innovations in Delivering Justice Services.


Sumber: Liputan6

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini