Beberapa waktu lalu Asian Universities Alliance (AUA) dan Universitas Indonesia (UI) sukses menggelar pertemuan AUA Executives Meeting di Bali. Pertemuan tahunan tersebut diketahui sebagai ajang mempertemukan pimpinan 15 universitas AUA yang membahas kegiatan-kegiatan yang telah, sedang, dan akan dilaksanakan oleh AUA dalam kurun waktu 2018-2019.

Kegiatan ini dihadiri oleh para pimpinan universitas anggota AUA setingkat rektor dan wakil rektor. Rektor Universitas Indonesia yang juga merupakan Presiden Eksekutif AUA turut hadir untuk membuka acara. Disampaikan melalui berita resmi UI, dalam Kompas, bahwa Rektor UI berharap kegiatan ini dapat menjadi wadah evaluasi dari kegiatan AUA yang berlangsung. Tak hanya itu, ia pun menyebut bahwa ini dapat menjadi langkah dalam membuat strategi juga kebijakan ke depan guna mendukung tujuan besar AUA yang berkaitan dengan peningkatan kualitas perguruan tinggi di Asia.

Di sisi lain Profesor Yang Bin, yang merupakan Vice President  & Provost Tsinghua University menyebut bahwa AUA Executives Meeting ini ialah program lanjutan dari AUA Summit yang digelar di Hainan, Cina awal tahun kemarin. Oleh sebab itu tak heran jika salah satu sesi dalam agenda AUA adalah untuk mendengar laporan akhir atau perkembangan dari program-program yang telah diajukan.

AUA Board Meeting 2018 di  Hainan Cina | Sumber dok: Asian Universities Alliance
AUA Board Meeting 2018 di Hainan Cina | Sumber dok: Asian Universities Alliance

Menariknya, tidak hanya pertemuan untuk para eksekutif. Di tempat yang sama rupanya turut digelar kegiatan AUA Youth Forum 2018 yang berisikan  diskusi anak muda dari seluruh wilayah Asia, yang dimulai sejak 12 November 2018.

AUA Youth Forum sendiri merupakan bagian dari komitmen AUA untuk meningkatkan konektivitas dan kolaborasi universitas-universitas anggotanya. Diketahui AUA ialah jaringan organisasi regional tingkat Asia yang telah dibentuk sejak April 2017 dari beranggotakan universitas-universitas unggulan dari 14 negara anggota. Tercatat beberapa di antaranya yakni Chulalongkorn University, Hong Kong University of Science & Technology, Indian Institute of Technology Bombay, King Saud University, National University of Singapore (NUS), Nazarbayev University, Peking University, Seoul National University, Universitas Indonesia,  University of Malaya, The University of Tokyo, dan beberapa universitas kenamaan lainnya. 

Tahun ini AUA rupanya telah menggelar beberapa kegiatan mengenai promosi kerja sama antar anggotanya, antara lain AUA Scholars Award yang merupakan kegiatan pertukaran peneliti dan dosen antar universitas anggota AUA. Adapula konferensi akademik pertama AUA yang telah dilaksanakan pada Oktober 2018 lalu. Selain itu, AUA juga telah sukses menggelar pertemuan Library Directors Dialogue di Tsinghua University. Dengan demikian AUA pun beraharap universitas-universitas di Asia dapat meningkatkan kualitasnya, sehingga dapat berkontribusi lebih untuk dunia.

Sumber: Kompas

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu