Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meluncurkan situs web dan dua aplikasi smartphone untuk wisatawan yang berkunjung ke Bandung.

Situs web, wonderfulwestjava.com, dan aplikasi, Gurilaps dan Smartfishing, ditujukan untuk membantu pengunjung mendapatkan pengalaman terbaik di Bandung maupun daerah sekitar Bandung.

Ridwan mengatakan bahwa produk teknologi adalah bagian dari program 100 Hari Pertama.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meluncurkan aplikasi wisata petualangan sebagai bagian inovasi untuk mewujudkan Jabar sebagai provinsi pariwisata yang mendunia. Foto/SINDOnews/Agung Bakti Sarasa
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meluncurkan aplikasi wisata petualangan sebagai bagian inovasi untuk mewujudkan Jabar sebagai provinsi pariwisata yang mendunia | Foto: Agung Bakti Sarasa / SINDOnews

Dikutip dari tempo.co, wonderfulwestjava.com dikembangkan oleh Badan Pariwisata dan Budaya Jawa Barat. Sementara itu, Gurilaps, yang merupakan singkatan dari Gunung, Udara, Rimba, dan Pantai, diciptakan oleh perusahaan milik negara (BUMD) Jaswita Jabar. Tersedia di ponsel iOS dan Android, aplikasi ini berfungsi sebagai pasar perjalanan online, yang memungkinkan wisatawan untuk mengakses berbagai tur alam.

Untuk memastikan keamanan dan kenyamanan wisatawan, semua paket dikuratori oleh Koperasi Wanadri dan hadir dengan asuransi perjalanan Jasa Raharja Putera.

Ridwan Kamil meluncurkan aplikasi Gurilaps | Sumber: Pikiran Rakyat
Ridwan Kamil meluncurkan aplikasi Gurilaps | Sumber: Pikiran Rakyat

Sementara itu, Smartfishing dikembangkan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Maritim Jawa Barat.

"Kami [telah mengembangkan] aplikasi untuk ponsel Android untuk memungkinkan nelayan untuk memancing dengan bantuan teknologi satelit," kata Ridwan.

Meskipun, aplikasi ini dirancang untuk nelayan, penggemar memancing juga dipersilakan untuk menggunakan aplikasi Smartfishing.

"Kami berharap, karena para nelayan semakin akrab dengan teknologi, mereka bisa pergi memancing tanpa menebak posisi ikan," katanya. Ridwan menyatakan harapannya bahwa situs web dan aplikasi akan membantu wisatawan saat bepergian di sekitar Jawa Barat.


Sumber: Jakarta Post

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu