Menapaki Jalan Menuju Festival Relawan

Menapaki Jalan Menuju Festival Relawan
info gambar utama

“Tahun 2018 bisa dibilang tahunnya relawan, karena begitu banyak anak muda terlibat jadi relawan. Ini memberi contoh kalau anak muda tidak enggan lagi jadi relawan. Festival Relawan hadir, agar inisiatif ini mendapat apresiasi dan terus dijaga semangat.”

Pernyataan tersebut merupakan keterangan dari Maritta C. Rastuti, Koordinator Tim Aksi Baik yang juga menjabat direktur eksekutif Indorelawan, mengenai akan diadakannya Festival Relawan 2018.

Maritta C. Rastuti (kanan) | Foto: Aditya Jaya
info gambar

Bertempat di Area Piazza Gandaria City, Jakarta Selatan, acara ini akan digelar pada 1 Desember 2018 yang bertepatan dengan Hari Relawan Internasional (5 Desember) dan Hari Relawan Palang Merah Indonesia (26 Desember).

Sesuai namanya, Festival Relawan menjadi wadah berkumpulnya para relawan dan komunitas yang terlibat untuk membuat Indonesia lebih baik. Festival ini sendiri sudah rutin diadakan setiap tahun sejak 2016, dan tema yang diambil tahun ini adalah “Ambil Peran Jadi Relawan.”

“Festival Relawan adalah bentuk apresiasi sekaligus puncak perayaan kepada relawan, komunitas dan organisasi yang sudah berkontribusi untuk membuat Indonesia lebih baik. Jadi mari kita ramaikan!” tutuy Morgan Oey, ambassador Festival Relawan.

Morgan Oey di konferensi pers Festival Relawan 2018 | Foto: Aditya Jaya
info gambar

Tak hanya mengajak untuk berkunjung ke Festival Relawan, dalam konferensi pers hari ini (22/11) di Conclave Wijaya, eks anggota boyband SM*SH itu juga memberi ajakan untuk melakukan aksi baik.

Dengan tagar #10JamAksiBaik, Morgan menjelaskan dengan menyempatkan 10 jam untuk melakukan kebaikan dalam waktu setahun, jika dilakukan rutin akan membuat kita terbiasa melakukan kebaikan.

“Nantinya kalau sudah terbiasa 10 jam akan meningkat ke 20 jam, 30 jam, dan seterusnya. Bentuk aksi baik ini bisa bermacam-macam, sesuai keinginan masing-masing,” terangnya.

Rangkaian kegiatan Festival Relawan sudah dilakukan sejak Oktober lalu. Kegiatan tahun ini lebih kompleks, seperti roadshow ke sejumlah kampus, kelas membuat poster, Pawai Aksi Baik, live talkshow, konferensi pers, dan ditutup dengan kegiatan puncaknya pada 1 Desember mendatang.

Festival Relawan tahun ini juga akan menjadi yang terbesar dibandingkan dua gelaran sebelumnya. Pada 1 Desember nanti akan ada tujuh panel diskusi yang terdiri dari beberapa topik utama seperti pendidikan, toleransi, politik, kesehatan, anak muda, influencer, dan inovasi untuk kebaikan.

Untuk pembicaranya, Festival Relawan 2018 bakal dihadiri pembicara ternama seperti Morgan Oey, Najeela Shihab, Pangeran Siahaan, Faisal Basri, Cameo Project, Trivet Sembel, dan lainnya seperti tercantum dalam siaran pers yang diterima GNFI.

Sumber: Siaran pers dan konferensi pers Festival Relawan 2018

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini