Militer Indonesia yang Terkuat di Asia Tenggara

Militer Indonesia yang Terkuat di Asia Tenggara

Ilustrasi angkatan militer © Chuanchai Pundej

Situsweb Global Fire Power mengkalkulasi 55 faktor yang memengaruhi kemampuan militer sebuah negara. Hasilnya, Indonesia masuk di 15 besar dunia dan yang terbaik di Asia Tenggara.

“Formula racikan sendiri untuk menghitung ini memungkinkan negara-negara kecil tetapi memiliki kemampuan teknologi pertahanan yang lebih canggih, untuk bersaing dengan negara yang lebih besar tapi memiliki teknologi militer yang kurang canggih,” demikian keterangan Global Fire Power di situsweb resminya.

Sebanyak 136 negara masuk dalam penghitungan Global Fire Power. Jumlah ini meningkat dibandingkan penghitungan sebelumnya, karena bertambah tiga negara yakni Irlandia, Montenegro, dan Liberia.

Dengan bertengger di peringkat 15, Indonesia hanya kalah dari Amerika, negara-negara Eropa, dan para raksasa Asia. Amerika menempati peringkat pertama, disusul Rusia, Cina, India, dan Prancis di lima besar.

Bergeser ke peringkat 6-10, ada Inggris, Republik Korea, Jepang, Turki, dan Jerman. Kemudian posisi di bawahnya ditempati Italia (11), Mesir (12), Iran (13), Brasil (14), dan Indonesia (15).

Ada beberapa faktor yang mendasari terpilihnya Indonesia di peringkat 15. Total warga negara yang mencapai 260 juta orang dengan 130 juta diantaranya siap tempur, dan total prajurit militer yang berjumlah 975.750 orang.

Amunisi perang Indonesia juga dihitung. Ada sekitar 478 unit Angkatan Udara, 1.131 unit mobil tempur Angkatan Darat, dan 221 aset Angkatan Laut. Selain itu luas wilayah juga memengaruhi, seperti panjang garis pantai, luas daratan, dan total luas perairan.

Di peringkat Global Fire Power (GFP), Indonesia baru mendapat “saingan”dari sesama negara Asia Tenggara di peringkat 20, yang dihuni Vietnam. Sementara itu Thailand menempati peringkat 27, Myanmar di urutan 35, Malaysia sang negara tetangga kita di posisi 44, dan Filipina di ranking 52.

Namun demikian ada sedikit noda dalam prestasi membanggakan ini. Walau menempati peringkat 15 besar, tapi ada penurunan peringkat yang dialami militer Indonesia. Ini terlihat dari panah merah ke bawah dalam daftar yang disusun Global Fore Power.


Sumber: Tempo.co, Global Fire Power

Pilih BanggaBangga70%
Pilih SedihSedih6%
Pilih SenangSenang6%
Pilih Tak PeduliTak Peduli6%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi9%
Pilih TerpukauTerpukau3%

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Menapaki Jalan Menuju Festival Relawan Sebelummnya

Menapaki Jalan Menuju Festival Relawan

Nusantara Innovation Forum: Diinisiasi oleh Diaspora Muda Indonesia, untuk Para Pegiat Riset dan Inovasi Selanjutnya

Nusantara Innovation Forum: Diinisiasi oleh Diaspora Muda Indonesia, untuk Para Pegiat Riset dan Inovasi

Aditya Jaya Iswara
@adityajoyo

Aditya Jaya Iswara

Tidak bisa masak tapi suka makan. Tidak bisa main bola tapi suka nonton bola.

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.