Bagaimana Cara Menjadi Diplomat Ulung Untuk Indonesia?

Bagaimana Cara Menjadi Diplomat Ulung Untuk Indonesia?

Menteri Luar Negeri RI dalam DiploFest 2018 © Dayat GNFI

Mengemban tugas menjadi seorang diplomat hendaknya bukanlah sesuatu yang mudah. Namun, Diplomat juga memiliki tugas mulia demi membawa nama bangsa di kancah global.

Hal tersebut yang kemudian menjadi tugas besar untuk disampaikan pada anak muda era ini mengenai tanggungjawab diplomat juga kegiatan diplomasi yang dilakukan, khususnya oleh para diplomat Indonesia. Tak hanya itu, dalam penuturannya melalui kegiatan DiploFest di Surabaya, Menteri Luar Negeri RI Retno Lestari Priansari Marsudi turut menyampaikan bahwa pendidikan menjadi aspek terpenting guna dapat menjadi diplomat ulung, yang mampu membawa nama bangsa ini.

Oleh sebab itu Menlu RI menyebut bahwa Kementerian Luar Negeri RI telah menjadi salah satu bahkan kementerian pertama yang mereformasi diri guna meraih diplomat-diplomat terbaik Indonesia. Dengan demikian semua kalangan dan lapisan memiliki kesempatan yang sama untuk bergabung juga menjadi bagian dari Kementerian Luar Negeri.

Lebih lagi, dalam penyampaiannya Menlu RI menyatakan bahwa diplomasi Indonesia lambat laun telah mencapai banyak hal yang membanggakan. Salah satunya di tanggal 8 Juni 2018 lalu Indonesia dapat masuk menjadi anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB, yang tentunya hal tersebut merupakan hasil kerja keras para anak bangsa khususnya diplomat Indonesia.

Diakui Retno bahwa tahun 2019-2020 menjadi tahun yang cukup sibuk bagi diplomasi Indonesia sebab Indonesia telah duduk di bangku Dewan Keamanan PBB, di mana dalam hal ini isu yang hendak diangkat ialah melalui empat prioritas yakni menjaga ekosistem perdamaian dunia, menjadikan organisasi-organisasi internasional sebagai responder utama saat terjadi krisis di kawasan masing-masing, penanganan dalam Transnational Organized Crime (TOC) yaitu mengenai masalah radikalisme juga terorisme yang menjadi isu penting untuk ditangani, dan mengenai pencapaian Sustainable Development Goals (SDG).

Menteri Luar Negeri RI dalam DiploFest 2018 | Sumber dok: Dayat GNFI
Menteri Luar Negeri RI dalam DiploFest 2018 | Sumber dok: Dayat GNFI

Di sisi lain dalam penuturannya melalui GNFI, Menlu RI berharap bahwa Indonesia senantiasa mampu menjadi negara besar yang majemuk, yang memiliki nilai toleransi tinggi, yang maju, juga mampu adil dan makmur. Sebab keadilan dan kemakmuran merupakan aspek penting bagi rakyat Indonesia. Ia pun turut berharap bahwa semua kalangan hendaknya memiliki komitmen tinggi untuk terus menjaga Indonesia.


Sumber: Liputan Langsung GNFI

Pilih BanggaBangga25%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang63%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau13%

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Ini Dia Keseruan DiploFest di Surabaya! Sebelummnya

Ini Dia Keseruan DiploFest di Surabaya!

I-YES Mengajar Sukses dilaksanakan,  I-YES : I-YES Mengajar akan menjadi Pilot Project Selanjutnya

I-YES Mengajar Sukses dilaksanakan, I-YES : I-YES Mengajar akan menjadi Pilot Project

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.