Kompetisi video pendek berdurasi satu menit yang digelar di JCSI Young Creative Award – International Emmy 2018, melahirkan seorang putri bangsa sebagai pemenangnya. Dialah Puti Karina Puar!

Puti menjadi salah satu dari tiga pemenang, dengan video bertema Stand Up for Peace (Memperjuangkan Kedamaian). Sementara dua video pemenang lainnya berjudul TeaShirt buatan Raj Dutta dari India, dan Mr. Peace karya Shubham Upreti yang juga berasal dari India.

Secara singkat, video berjudul Peace in Action yang dibuat Puti menjelaskan bahwa menciptakan perdamaian terkadang butuh perjuangan ekstra keras. Perdamaian kerap disamakan dengan ketenangan, tapi untuk menciptakan perdamaian tidak melulu bisa dilakukan dengan ketenangan.

Terkadang manusia harus ambil tindakan demi terciptanya kedamaian. Contohnya adalah menghentikan pelecehan di internet, atau bergabung dengan gerakan-gerakan massa yang menyebar pesan perdamaian.

Foto: Dok. Puti Karina Puar
Foto: Dok. Puti Karina Puar

Puti memulai videonya dengan pemahaman awal dirinya tentang kedamaian. Dulu ia memercayai kedamaian adalah situasi yang tenang tapi tidak bisa dipaksakan. Dengan animasi patung Buddha dan pemandangan di langit malam, scene kemudian beralih ke pemukiman dan bertuliskan “That it should be inside every human being” (perdamaian seharusnya tertanam di seluruh jiwa manusia).

Animasi berikutnya menunjukkan seorang anak perempuan yang gusar karena banyaknya perilaku negatif di internet. Berita hoaks, rasisme, pelecehan siber, ujaran kebencian, dan kata-kata kotor lainnya misalnya.

Situasi itu mendorong si anak perempuan untuk melaporkan segala tindak tak terpuji di internet, dan menyerukan pesan perdamaian melalui kalimat-kalimat sederhana. Namun realitanya tentu tak semudah itu, karena seringkali niatan memunculkan perdamaian mendapat pertentangan dari banyak orang.

Meski demikian, dengan memulai aksi perdamaian dari diri sendiri, bisa memicu orang lain untuk berbuat serupa. Akhirnya, aksi-aksi perdamaian banyak digalakan masyarakat, yang diilustrasikan di animasi scene terakhir.

Kontestan di International Emmy 2018 ada 39 negara, dengan ratusan video yang diseleksi dewan juri. Video karya Puti Karina Puar jadi salah satu yang terbaik, dan trofi penghargaan telah diterimanya pada 17 November lalu di New York.

Karya yang luar biasa dari Puti Karina Puar. Selamat, ya!

Foto: Dok. Puti Karina Puar
Foto: Dok. Puti Karina Puar

Sumber: Siaran pers Puti Karina Puar, MarketsInsider, PR Newswire, iemmys.tv

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu