Makanan nasional merupakan makanan yang menjadi ciri khas suatu negara. Khususnya di Indonesia yang kaya akan rempah-rempah tentunya banyak makanan yang menjadi hidangan wajib yang tidak boleh dilewatkan bukan? Berikut adalah makanan khas Indonesia yang ketenarannya sudah melejit seantero dunia.

Soto

Soto adalah salah satu makanan yang dihidangkan dengan kuah kaldu atau santan, daging dan beberapa macam sayuran. Di setiap lokasi di Indonesia memiliki ciri khasnya tersendiri. Contohnya seperti Soto Kudus, soto mie, soto betawi, Soto Banjar, Soto Lamongan, Soto udus. Makanan ini dihidangkan dengan kuah hangat dan merupakan menu andalan bagi masyarakat Indonesia saat sakit atau jika cuaca sedang dingin.

Rendang

Rendang merupakan makanan khas Padang yang rasanya sudah tak diragukan lagi. Rendang yang termasuk dari makanan terlezat di dunia ini tentunya menjadi favorit seluruh masyarakat Indonesia. Rendang merupakan masakan daging dengan bumbu khas yang dimasak bersama hingga bumbunya meresap hingga kedalam daging. Meski proses memasaknya cukup memakan waktu yang lama namun rasa yang didapatkan sungguh sangat memuaskan.

Sate Salah Satu Masakan Khas Indonesia | Foto : 123Countries.com
Sate Salah Satu Makanan Khas Indonesia | Foto : 123Countries.com

Sate

Salah satu makanan khas Indonesia yang bisa kita temukan di mana saja dan memiliki macam-macam bumbu yang bisa kita nikmati. Sate biasanya dibuat dari daging seperti daging sapi, kambing, ayam, kerbau bahkan kelinci. Daging yang sudah dilumuri bumbu dan kemudian dibakar memiliki cita rasa yang unik karena bumbunya dan cara memanggang yang membutuhkan keahlian khusus karena tingkat kematangannya yang harus pas hingga rasanya enak dan gurih serta empuk.

Nasi Goreng

Hidangan satu ini merupakan menu wajib bagi masyarakat Indonesia yang bisa disantap kapan saja. Bisa disantap sebagai sarapan, makan siang bahkan makan malam. Nasi goreng disajikan dengan berbagai macam lauk seperti telur, daging ayam, hingga sayuran. Nasi goreng merupakan makanan nasi yang dimasak bersama bumbu-bumbu khusus dan cocok disajikan dengan berbagai macam bahan makanan lainnya. Uniknya, nasi goreng ini dapat disajikan untuk acara apapun, dari formal hingga non-formal sekalipun.

Gado-Gado Masakan Khas Indonesia | Foto : primarasa.id
Gado-Gado Masakan Khas Indonesia | Foto : primarasa.id

Gado-Gado

Makanan khas Indonesia ini merupakan campuran sayur-sayuran yang direbus tanpa bumbu dan dijadikan satu kemudian diberikan bumbu dari kacang tanah yang dihaluskan dan dicampur beberapa olahan rempah-rempah seperti bawang dan lain-lain. Nikmat disantap bersama emping goreng, kerupuk udang dan potongan telur rebus.

Nasi Tumpeng

Nasi tumpeng adalah nasi yang disajikan dengan banyak lauk dan dibentuk kerucut tinggi. Nasi yang biasa digunakan adalah nasi kuning, yaitu nasi yang diolah dengan bumbu khusus berwarna kuning dengan beberapa rempah-rempah yang diolah hingga menjadi gurih. Biasanya lauk yang disajikan bersama nasi tumpeng adalah tempe orek, telur dadar iris, hingga perkedel kentang. Nasi tumpeng biasa disajikan saat acara-acara khusus seperti peresmian, peringatan hari besar atau bahkan ulang tahun.


Sumber: CNN Travel Kompas.com The Jakarta Post

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu