Jalan tol trans-Jawa hampir selesai setelah pembukaan resmi ruas Sragen-Ngawi di jalan tol Surakarta-Ngawi di Jawa Tengah.

Pembukaan, yang berlangsung pada hari Rabu lalu, dihadiri oleh Presiden Joko "Jokowi" Widodo, Sekretaris Negara Pratikno dan Menteri Badan Usaha Milik Negara Rini Soemarno.

"Tahun ini, Insya Allah, jalan tol yang menghubungkan Jakarta dan Surabaya akan selesai," kata Jokowi, menambahkan bahwa sisa bagian Pemalang-Batang, Batang-Semarang, Salatiga-Surakarta dan Wilangan-Kertosono masih dalam pembangunan dan akan selesai pada akhir Desember.

 Foto udara dari bagian jalan tol trans-Jawa yang menghubungkan Pemalang dan Batang, Jawa Tengah | Foto: Muhammad Adimaja /  Foto udara dari bagian jalan tol trans-Jawa yang menghubungkan Pemalang dan Batang, Jawa Tengah. (Antara / Muhammad Adimaja
Foto udara dari bagian jalan tol trans-Jawa yang menghubungkan Pemalang dan Batang, Jawa Tengah | Foto: Muhammad Adimaja / Foto udara dari bagian jalan tol trans-Jawa yang menghubungkan Pemalang dan Batang, Jawa Tengah. (Antara / Muhammad Adimaja

Presiden mengatakan, ruas jalan Sragen-Ngawi sepanjang 51 kilometer akan lebih menghubungkan beberapa kota di Jawa Tengah dan Jawa Timur, yaitu Boyolali, Surakarta, Karanganyar, Sragen, dan Ngawi.

Dengan adanya tol ini juga akan memotong waktu perjalanan tiga jam dari waktu biasanya antara Surakarta dan Madiun menjadi setengahnya.

Secara terpisah, direktur utama operator jalan tol PT. Jasamarga Solo Ngawi (JSN) David Wijayatno mengatakan bahwa pengemudi bisa segera mulai menggunakan jalan.

"Warga dapat menggunakan jalan tol secara gratis selama seminggu setelah peresmian," kata David.

Sebelumnya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat mengatakan bahwa pihaknya optimis pembangunan jalan tol trans-Jawa sepanjang 1.150 km akan selesai pada akhir 2019.


Sumber: Jakarta Post

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu