Peringkat Literasi Digital Para Traveler Indonesia di Antara Negara-negara Lain

Peringkat Literasi Digital Para Traveler Indonesia di Antara Negara-negara Lain
info gambar utama

Platform perjalanan dagang berbasis di Britania Raya Travelport baru-baru ini merilis hasil Global Digital Traveller Research 2018. Survei online tersebut menganalisis kebiasaan wisatawan digital yang berbeda-beda, dengan 16.200 responden yang berpartisipasi dari 25 negara di dunia.

Indonesia menempati urutan kedua dalam daftar tersebut, menempati posisi yang lebih tinggi dibandingkan tahun lalu yang berada di posisi ketiga, seperti yang dikutip dari kompas.com. Artinya Indonesia merupakan negara dengan jumlah wisatawan yang ahli memanfaatkan produk digital kedua tertinggi di dunia.

Goa, India | Sumber: Gap 360
info gambar

"India dan Indonesia telah berkembang di sekeliling awai cerdas dan tidak mengejutkan jika kedua negara ini tetap menjadi yang paling digital dalam survei kami," ujar Managing director Travelport untuk Asia Pasifik, Timur Tengah, dan Afrika, Mark Meehan.

Mengungguli Indonesia, India menempati urutan teratas untuk kedua kalinya secara berturut-turut, dan disusul oleh Brasil, Tiongkok, dan Nigeria yang menempati peringkat ketiga, keempat, dan kelima secara berurutan.

Sebagian besar responden dalam survei tersebut mengatakan bahwa gawai dianggap penting bagi wisatawan. Bahkan, hampir setengah dari responden mengatakan mereka memesan dan membayar biaya perjalanan menggunakan platform aplikasi.

Ilustrasi fitur pembayaran online | Sumber: Faspay
info gambar

Fitur seperti pembayaran elektronik, pencarian menggunakan audio, dan kamar hotel elektronik juga dianggap membantu dalam merencanakan perjalanan.

Travelport adalah platform perdagangan perjalanan milik Travelport Worldwide Ltd. yang menyediakan teknologi, distribusi, pembayaran, dan solusi lain untuk industri perjalanan dan pariwisata.

Berikut daftar lengkap peringkat wisatawan digital dunia 2018:

NegaraPeringkat 2018 (Peringkat 2017)
India1 (1)
Indonesia2 (3)
Brasil3 (4)
Tiongkok4 (2)
Nigeria5
UEA6 (8)
Turki7
Arab Saudi8 (5)
Kolombia9 (9)
Meksiko10 (7)
Afrika Selatan11
Singapura12
Argentina13
Korea Selatan14
Hong Kong15
Amerika Serikat16 (11)
Rusia17 (14)
Italia18 (10)
Spanyol19 (12)
Perancis20 (13)
Australia21 (16)
Kanada22 (15)
Britania Raya23 (17)
Jepang24 (18)
Jerman25 (19)


Sumber: Jakarta Post | Kompas.com

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini