Warna-warna cerah membuat tampilan beberapa ruas jalan di Surabaya, terutama di jalan-jalan protokol, jadi lebih meriah. Kehadirannya menyita perhatian tersendiri, karena warga yang melintas serasa sedang berlibur di luar negeri.

Itulah bunga Tabebuya, yang sedang ramai diperbincangkan di Surabaya. Warna dan bentuknya yang mirip bunga Sakura membuat Tabebuya mengubah citra Surabaya yang notabenenya padat dan panas, menjadi sejuk dan tenang.

Bunga yang berwarna pink, kuning atau putih ini sengaja didatangkan pemerintah setempat dari Malang, untuk mempercantik Kota Pahlawan. Sejak ditanam pada 2015 lalu, kini bunga Tabebuya sukses menjadi pusat perhatian masyarakat. Tidak hanya warga setempat, tapi juga warganet yang bertebaran di dunia maya.

Namun tahukah Kawan GNFI, kalau bunga Tabebuya di Indonesia tidak hanya bisa jumpai di Surabaya, lho!  Ada pula lima kota lain yang dihiasi oleh keindahan bunga asal Jepang ini.

Kota pertama tak lain dan tak bukan adalah Malang, yang menyediakan bibit bunga Tabebuya untuk dimekarkan di Surabaya. Tepatnya di Kota Batu, Kawan GNFI bisa mencari keberadaan bunga Tabebuya berwarna kuning, dan berfoto ria ala-ala liburan di mancanegara.

Bunga Tabebuya di Pendem, Batu | Foto: Humas Pemkot Batu
Bunga Tabebuya di Pendem, Batu | Foto: Humas Pemkot Batu

Masih di Jawa Timur, kita juga bisa menjumpai bunga Tabebuya di Kota Kediri. Sebuah kawasan di kota yang terkenal dengan Simpang Gumul-nya itu juga ditumbuhi bunga Tabebuya berwarna kuning seperti di Batu.

Bergeser ke Jawa Tengah, bunga Tabebuya juga tumbuh mekar di Magelang. Sebuah unggahan dari pengguna Instagram bernama @tita_andreaa, menampilkan pemandangan bunga Tabebuya berwarna pink yang menghiasi bagian depan sebuah gedung.

Sebuah gambar yang sangat mirip suasana Jepang ketika bunga Sakura bermekaran. Oleh karenanya, tanda pagar pun disertakan perempuan bernama lengkap Andrea Hartati Tita itu, dengan mencantumkan #MagelangRasaJepang di unggahannya.

Magelang tidak sendirian di Jawa Tengah, sebagai kota yang dihiasi keindahan bunga Tabebuya. Dua kota lainnya di provinsi ini adalah Purwokerto dan Karanganyar. Menariknya, kedua kota itu sama-sama dihiasi dengan bunga Tabebuya berwarna kuning.

Bunga Tabebuya di Purwokerto | Foto: Radar Banyumas
Bunga Tabebuya di Purwokerto | Foto: Radar Banyumas

 Bagaimana dengan di daerahmu, Kawan GNFI? Apakah terdapat bunga Tabebuya juga?


Sumber: TribunTravel, SuryaMalang

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu