Ada Ilmuwan Indonesia di Gundam Global Challenge

Ada Ilmuwan Indonesia di Gundam Global Challenge
info gambar utama

Ilmuwan Indonesia Pitoyo Hartono adalah salah satu anggota tim di balik pembangunan robot raksasa Gundam di Jepang.

Proyek yang diberi judul Gundam Global Challenge, memiliki tujuan merancang robot Gundam setinggi 18 meter yang mampu bergerak. Profesor fisika rekayasa Waseda University Jepang, Shuji Hashimoto, yang juga mentor Pitoyo, memimpin proyek tersebut.

Pitoyo Hartono, profesor bidang jaringan saraf buatan dari Chukyo University, Jepang, yang tergabung dalam tim ilmuwan Gundam Global Challange. Proyek ini akan membangun robot Gundam setinggi 18 meter | Sumber: Istimewa
info gambar

"Penelitian di lab terdiri dari empat kelompok, yaitu robotika, pengolahan gambar, suara dan pemrosesan musik, dan jaringan saraf dan kecerdasan buatan," kata Pitoyo kepada tempo.co.

Selain Hashimoto sebagai pemimpin dan Pitoyo Hartono, direktur anime Yoshiyuki Tomino, produser film Katsuyuki Motohiro dan direktur teknik kreatif Seiichi Saito juga terlibat dalam proyek ini.

Pitoyo Hartono, profesor bidang jaringan saraf tiruan dari Chukyo University Jepang asal Indonesia, menjadi salah satu pakar dalam proyek Gundam 40th Anniversary | Sumber: gundaminfo
info gambar

Pitoyo bekerja sebagai profesor jaringan syaraf tiruan di departemen mekanik dan informasi di Universitas Chukyo di Jepang. Dia bergabung dengan Gundam Global Challenge pada tahun 2014 oleh undangan Hashimoto.

Pitoyo menyelesaikan studi sarjana dan pascasarjana pada tahun 1993 dan 1995 di Waseda University. Di antara minatnya adalah mengungkapkan bagaimana kecerdasan dapat muncul pada manusia dan alam melalui penelitian robotika.


Sumber: Jakarta Post

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini