Selangkah Lagi Untuk Surabaya Menangi Guangzhou Award 2018

Selangkah Lagi Untuk Surabaya Menangi Guangzhou Award 2018
info gambar utama

Walikota Surabaya Tri Rismaharini mempresentasikan tentang pengelolaan sampah berbasis masyarakat di ibukota provinsi Jawa Timur kepada panel juri Penghargaan Internasional Guangzhou untuk Inovasi Perkotaan 2018 di Guangzhou, China, pada hari Senin, dengan harapan memenangkan penghargaan tersebut pada tahun ini.

Surabaya akhirnya terpilih setelah tiga kali gagal dipilih.

“Sistem pengelolaan sampah telah menjadi kebanggaan Surabaya dan telah berhasil mengurangi volume sampah di kota. Program kami akan bersaing dengan program luar biasa lainnya dari kota-kota terkenal lainnya,” kata juru bicara administrasi Surabaya, Muhammad Fikser, baru-baru ini.

Menurut Fikser, para juri penghargaan tersebut telah mengunjungi Surabaya secara tanpa pemberitahuan untuk menilai pelaksanaan proyek di lapangan pada bulan Agustus tanpa disertai oleh perwakilan dari pemerintah Surabaya.

Sebelumnya, Nicholas You, direktur Institut Guangzhou untuk Inovasi Perkotaan, mengatakan bahwa keterlibatan penduduk setempat di berbagai proyek kota, seperti layanan bus yang memungkinkan penumpang membayar tiket dengan botol plastik bekas, telah menjadi alasan utama untuk mencalonkan Surabaya untuk penghargaan tersebut.

Dia mengacu pada bus Suroboyo, yang menawarkan perjalanan bus gratis dengan imbalan botol plastik bekas. Diluncurkan oleh pemerintah pada bulan April. Risma, sebagai walikota dikenal luas oleh penduduk, mengklaim bahwa pendekatan berbasis masyarakat yang digunakan pemerintah tidak hanya mengurangi limbah tetapi juga mengilhami ide bisnis yang berkelanjutan.

Pembangkit listrik di kota yang menggunakan limbah sebagai bahan bakar dapat menghasilkan 2 megawatt listrik, yang dijual ke perusahaan listrik milik negara PLN. Dia juga sebelumnya menekankan bagaimana kota Surabaya telah berhasil mengurangi pemborosan meskipun populasinya bertambah, berkat kebijakan tersebut. Menurut Badan Kebersihan Ruang Terbuka Surabaya, Surabaya menghasilkan rata-rata 9.800 meter kubik sampah setiap hari.

Perumahan di Surabaya menghasilkan rata-rata 1.500 meter kubik sampah organik setiap hari, yang sebagian besar dikelola secara mandiri di bank sampah dan rumah-rumah kompos. Surabaya saat ini memiliki 371 bank sampah yang dikelola oleh penduduk setempat dan 26 rumah kompos di hampir semua distrik kotamadya.

Badan tersebut juga mengklaim bahwa 70 persen sampah yang diproduksi di Surabaya selalu dikelola dengan baik. Sistem pengelolaan sampah partisipatif di Surabaya, menurut walikota, telah mengurangi volume sampah dengan rata-rata 10 persen dibandingkan dengan pendekatan bisnis-seperti-biasa.

Anda juga mengatakan bahwa Surabaya pantas disebut kota yang berkelanjutan berkat sistem pengelolaan sampah partisipatif. Dia juga mengatakan keterlibatan masyarakat dapat menginspirasi perubahan di sektor lain seperti transportasi, energi, keselamatan, dan kesehatan masyarakat.

Program Lingkungan Perserikatan Bangsa-Bangsa sebelumnya memuji upaya pengelolaan limbah di Surabaya, karena mempromosikan daur ulang limbah harian di bank sampah dan rumah kompos.

Pada Kamis, seminggu sebelum pengumuman pemenang penghargaan Guangzhou, Surabaya adalah yang terdepan, setelah mengumpulkan suara terbanyak dari penduduknya. Surabaya termasuk di antara 15 kandidat terpilih, termasuk Yiwu (Cina), Wuhan (Cina), Sydney (Australia), Salvador (Brasil), Santa Fe (Argentina), eThekwini (Afrika Selatan), Repentigny (Kanada), Utrecht (Belanda) , Milan (Italia), Guadalajara (Meksiko), New York City (Amerika Serikat), Santa Ana (Kosta Rika), Kazan (Rusia), dan Mezitli (Turki).

Setidaknya 900 kota dari 66 negara berkompetisi di tahap seleksi awal. Kontes ini bertujuan untuk memberikan penghargaan kepada kota-kota inovatif atau pemerintah lokal yang "melaksanakan inisiatif yang sedang berlangsung atau yang baru saja selesai, melanjutkan pembelajaran dari kota ke kota dan pertukaran untuk mendukung pelaksanaan agenda global", seperti yang dinyatakan melalui situs web.

“Saya optimis Surabaya akan memenangkan penghargaan bergengsi kali ini. Tolong dukung kami! ”Kata Risma di vlognya.


Sumber: Jakarta Post

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini