Selokan pada umumnya sebuah tempat kotor penuh dengan limbah dan berbau menyengat. Namun lain cerita dengan selokan yang ada di Kampung Naringgul Ciasin, Desa Bendungan, Kabupaten Bogor. Di selokan ini, kita bisa melihat budidaya ikan air tawar. Memang terdengar mustahil, tetapi berkat kerja sama dan keterlibatan warga Desa Bendungan ini, seluruh selokan irigasi Ciasin yang mengalir layak dijadikan tempat untuk budidaya ikan air tawar.

Awalnya, selokan di Desa Bendungan ini sama seperti selokan-selokan pada umumnya, penuh dengan sampah dan bau. Seperti yang dilansir dari Aljazeera.com, Irfah Satiri, salah satu warga Desa Bendungan memiliki inisiatif untuk membersihkan selokan dari sampah dan plastik yang mengotori selokan. Berkat kerja keras Irfah dan warga setempat, selokan di Desa Bendungan tersebut disulap menjadi bersih. Dengan adanya budidaya ikan di selokan tersebut juga membuat warga enggan untuk membuang sampah di selokan.

Warga setempat telah menerapkan eco-village atau prinsip desa berbudaya lingkungan. Warga memanfaatkan selokan irigasi Ciasin yang mengalir di kampung tersebut untuk budidaya ikan air tawar. Selain mengubah selokan irigasi menjadi tempat budidaya ikan air tawar, warga setempat juga melakukan pengelolaan lingkungan lainnya seperti pembuatan bank sampah, biopori, serta pengolahan sampah lainnya.

Budidaya ikan sambil memelihara kebersihan selokan irigasi ini sudah dimulai sejak tahun 2016 lalu. Di selokan sepanjang 2 kilometer ini diisi dengan banyak jenis ikan air tawar dan diberi sekat setiap 3 meter. Dari budidaya ikan air tawar ini, warga dapat memanen ikan setiap 3 bulan sekali. Dari budidaya ikan tersebut, terdapat kurang lebih 100 kilogram ikan air tawar yang dapat dipanen warga. Hal ini tentunya membawa kabar gembira bagi warga Desa Bendungan karena membantu secara ekonomi.

Dari adanya budidaya ikan air tawar di selokan irigasi, jika dikembangkan lebih lanjut, Desa Bendungan ini dapat menjadi desa wisata. Selain itu, Desa Bendungan juga bisa mendapatkan keuntungan di bidang kuliner dari hasil olahan ikan budidaya tersebut . Dengan begitu, perekonomian warga Desa Bendungan dapat lebih terbantu.


Sumber: pikiran-rakyat.com  www.bidiknusantara.com  bogor.tribunnews.com   aljazeera.com

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu