Taman Bumi Di Ujung Timur Jawa

Taman Bumi Di Ujung Timur Jawa
info gambar utama

Kabupaten Banyuwangi di Jawa Timur telah dinyatakan sebagai taman bumi, atau taman geologi nasional (geopark), oleh National Geopark Community. Sertifikat status kabupaten dipresentasikan di Bogor pada hari Jumat.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan deklarasi tersebut mendorong kabupaten Banyuwangi untuk mengoptimalkan pariwisata berbasis alam, seperti dikutip dari kompas.com.

“Status geopark [untuk Banyuwangi] akan melengkapi Api Biru Ijen dan Taman Nasional Alas Purwo yang telah dinyatakan sebagai cagar biosfer di bawah Jaringan Cagar Biosfer UNESCO. Ini juga memperkuat posisi Banyuwangi untuk ekowisata, ”kata Anas.

Api biru atau blue fire dari kawah Ijen | Sumber: dumbwanderer
info gambar

Sang Bupati mengatakan dia juga membidik Banyuwangi untuk terdaftar sebagai UNESCO Global Geopark setelah evaluasi tahun depan.

“Kami akan segera menindaklanjuti rekomendasi komite,” lanjut Anas.

Banyuwangi mengusulkan tiga situs sebagai geopark, yaitu Blue Fire di Gunung Ijen, Pulau Merah, dan Taman Nasional Alas Purwo.

Yang pertama adalah salah satu fenomena api biru yang paling menonjol dan kawah yang paling asam di dunia. Sementara itu, Pulau Merah dan kompleks gua Taman Nasional Alas Purwo terdaftar sebagai daerah mineralisasi tinggi, karena merupakan bekas sisa dari magma yang beredar di bawah gunung berapi kuno.

Penemuan batu di Pulau Merah membuat laboratorium geologi yang ideal untuk mempelajari perubahan dan mineralisasi emas tembaga. Selain itu, jejak geologi di gua Istana di Taman Nasional Alas Purwo mengungkapkan bahwa daerah itu dulunya merupakan laut dangkal yang berubah menjadi tanah.

Taman Nasional Alas Purwo | Sumber: Pariwisata
info gambar

Geopark Banyuwangi juga menampilkan keanekaragaman hayati dan keanekaragaman budaya yang beragam. Empat belas flora dan 27 spesies fauna, termasuk enam mamalia, ditemukan di daerah Ijen, sementara Taman Nasional Alas Purwo adalah habitat bagi 700 tanaman, 50 mamalia, 320 burung, 48 reptil, dan 15 spesies amfibi.

“Dengan semua kekhasan geologi, flora, fauna, dan warisan budaya yang kami [Banyuwangi] miliki, kami telah mempromosikan ekowisata sebagai basis pengembangan pariwisata sejak awal,” kata Anas.

Indonesia sekarang memiliki empat geopark global UNESCO dan 15 geopark nasional. Semua geopark ini berkontribusi sekitar 35 persen terhadap total pendapatan ekowisata di Indonesia.


Sumber: Jakarta Post

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini