Tahukah kalian, bahwa Sampit kini memiliki tugu baru yang konon juga disebut sebagai ikon daerah tersebut?

Iya, jika berkunjung ke Sampit jangan lupa untuk mampir dan berfoto bersama ikon yang kini disebut paling terkenal di ibu Kota Kabupaten Kota Waringin Timur yaitu Tugu atau Patung Jelawat. Ialah tugu berbentuk ikan yang menjadi ciri khas daerah Sungai Mentaya dan biasa ditemukan di daerah Sampit juga sekitarnya.

Seperti yang tercantum dalam Detik, bahwa tugu ini telah diresmikan tepat dua tahun lalu yakni pada 21 Februari 2015 oleh Bupati setempat. Pembangunan ikon  ini sendiri dilandasi karena banyaknya Ikan Jelawat yang berada di sekitar Kabupaten Kota Waringin Timur, sehingga pemerintah akhirnya sepakat jika Ikan Jelawat merupakan salah satu  ikon kota Sampit.

Tugu Ikan Jelawat di Sampit | Sumber dok: kotimkab.go.id
Tugu Ikan Jelawat di Sampit | Sumber dok: kotimkab.go.id

Menariknya, karena berada di tepian sungai, maka saat berkunjung ke Tugu tersebut pengunjung akan turut melihat aktivitas warga antar seberang sungai Mentaya yang tengah melakukan berbagai kegiatan seperti halnya mengangkut barang, mencari ikan, atau hanya sekedar melintasi tepian sungai.

Tak hanya itu, lokasi tugu ini juga berada di dekat dermaga penyebrangan Ferry yakni pelabuhan, yang membuat pengunjung juga bisa melihat lalu lintas kapal-kapal besar yang tengah mengangkut barang pokok atau membawa penumpang dari dan ke Sampit.

Tugu Jelawat ini biasanya ramai saat sore hari. Warga atau masyarakat setempat biasanya bersantai di sana sembari menikmati suasana senja dengan bermain, memancing, atau berfoto.

Di sekitar tugu turut terdapat PPM yakni Pusat Perbelanjaan Mentaya yang menjual berbagai segala kebutuhan pokok warga Sampit. Lokasinya strategis bukan?

Yuk, jika berkunjung ke Sampit, jangan lupa mampir ke sana ya!


Sumber: Detik

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu