Penyanyi dan pencipta lagu kelahiran 29 April 1974 ini merupakan satu dari sederetan penyanyi Indonesia yang telah merambah karirnya hingga mancanegara. Anggun Cipta Sasmi atau yang biasa disapa Anggun merintis karirnya sejak tahun 1980-an. Jatuh bangun dalam industri musik bukanlah suatu hal yang mengejutkan buatnya.

Anggun memulai karirnya sebagai penyanyi cilik di Indonesia, kemudian pindah ke Prancis untuk memulai karirnya sebagai penyanyi bertaraf internasional. Di Prancis, Anggun merilis albumnya yang berbahasa Prancis berjudul “AU NOM DE LA LUNE  dengan singel "La neige au Sahara”. Singel tersebut kemudian dirilis kembali dengan bahasa Inggris dalam bertajuk “Snow On Sahara.”  

Sesuai yang dilansir tempo.co, untuk bisa menjadi seperti sekarang ini bukanlah hal yang mudah bagi Anggun. Pindah ke Prancis menjadi pilihannya, "konser selalu penuh, albumnya jalan. Aku pikir pada saat itu mau ngapain lagi di Indonesia," katanya.

Sepanjang karirnya di dunia musik, salah satu pencapaian Anggun adalah lagu yang berjudul  "What We Remember "menduduki peringkat 12 dalam peringkat 30 Billboard Club Song dan sempat mengungguli Selena Gomez saat itu. Selain itu, kesuksesan single "What We Remember’" juga menetap dalam tangga lagu Billboard Dance Charts di Amerika selama 16 minggu berturut-turut.

Berkat usahanya, ia mendapatkan banyak penghargaan di ajang internasional. Anggun mendapat dua penghargaan sekaligus di ajang Bama Music Awards di Hamburg, Jerman. Selain itu, ia juga  menerima penghargaan "World Music Award" yang legendaris di Monaco sebagai artis Indonesia terlaris di dunia pada tahun 2014.

Tak tanggung-tanggung, anugerah bergengsi "Chevalier des Arts et Lettres" dari pemerintah Prancis pun didapatkannya. Selain itu, dia juga menjadi bagian dari juri 'Asia's Got Talent', sebuah acara TV pencarian bakat terbesar di dunia, dengan produser musik legendaris David Foster. Selain kesibukannya di dunia hiburan, Anggun juga aktif di berbagai kegiatan sosial. Salah satunya adalah FAO Goodwill Ambassador untuk PBB.

Meski telah sukses, Anggun tak besar kepala. Anggun memberi kiat bagi anak muda yang ingin mengikuti jejaknya menjadi artis bertaraf internasional, "sekarang sebenarnya tinggal menggunakan teknologi, dan dengan kerja keras dan dengan ide yang bagus bisa membuat kamu dilirik sama orang," tutur Anggun.


Sumber: Tempo.co merdeka.com anggun.com

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu