Dokter PPDS Universitas Indonesia ini Raih Penghargaan di Korea

Dokter PPDS Universitas Indonesia ini Raih Penghargaan di Korea
info gambar utama

Mahasiswa peserta Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) Program Studi Ilmu Kedokteran Olahraga Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, dr Putra Rizki, meraih juara Travel Grant Awards dari ajang ilmiah internasional Hypertension Seoul 2018.

yang dihelat pada 9-10 November 2018 lalu di Conrad Hotel, Seoul, Korea Selatan.

Karya ilmiahnya yang berjudul “Prevalence Hypertension among Collegiate Athlete” pada kategori Oral Presentation ini mengantarkan Putra meraih penghargaan tersebut. Karya ilmiah tersebut menjelaskan a kejadian hipertensi dan karakteristik atlet yang berasal dari mahasiswa Universitas Indonesia.

Mengutip Indopos, ia menuturkan bahwa pembuatan karya ini dilatarbelakangi atas tidak adanya data mengenai hipertensi pada atlet mahasiswa. Padahal, kejadian hipertensi bisa terjadi pada atlet muda. Para atlet muda ini sering dianggap sebagai orang yang paling sehat namun ternyata dapat mengalami hipertensi dan berisiko memiliki penyakit jantung di masa datang jika tidak ditangani sejak awal.

sumber : Indopos
info gambar

Para atlet yang juga mahasiswa Universitas Indonesia didata dengan cara melakukan pemeriksaan dan pengecekan kesehatan sebelum tanding. Beberapa diantaranya memiliki tekanan darah yang cukup tinggi, dilakukan pengecekan berulang hingga didapat diagnosis hipertensi.

Hypertension Seoul 2018 adalah konferensi internasional tahunan yang dihelat oleh Korean Society of Hypertension dengan menghadirkan pembicara dari berbagai negara. Tema tahun ini adalah “World Collaboration for Better Hypertension Control”.

Untuk mengikuti ajang ini, dr. Putra mengirimkan dua abstrak untuk dilombakan, untuk oral presentation dan poster paper presentation. Dari ratusan abstrak yang masuk, kedua abstrak dr. Putra terpilih untuk dipresentasikan pada pagelaran Hypertension Seoul 2018.

“Mengikuti Hypertension Seoul 2018 ini merupakan sebuah kebanggaan bagi saya dan para pembimbing saya yaitu dr. Nora Sutarina, SpKO dan dr. Sri Nilawati, SpKO. Semoga dengan Travel Grant Awards yang kami menangkan, dapat menjadi motivasi yang memacu kami untuk menjadi lebih baik lagi,” ujar Putra yang dikutip dari Indopos.

--

Sumber : Indopos

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini