B-Smart STM, Sangkar Burung Cerdas Karya Siswa SMK Negeri 2 Yogyakarta

B-Smart STM, Sangkar Burung Cerdas Karya Siswa SMK Negeri 2 Yogyakarta

Starup B-Smart STM karya Siswa SMK Negeri 2 Yogyakarta

Guna mengembangkan daya minat dan kreatifitas siswa-siswinya, SMK Negeri 2 Yogyakarta meluncurkan sebuah program bertajuk 'Demo Day Sangaji Technopark'. Program tersebut bertujuan untuk mewadahi hasil kreatifitas dan karya para siswa.

Direktur Sangaji Technopark, Untung Suprapto mengungkapkan menciptakan program sekaligus wadah kreatifitas para siswa tersebut merupakan impian SMK Negeri 2 Yogyakarta sejak dulu. Namun, baru saja bisa terealisasi beberapa waktu lalu.

"Sebetulnya kita sudah punya impian mau mengklasifikasikan anak-anak yang kreatif dan memiliki semangat tinggi untuk mengembangkan diri, dan kami menyambutnya," kata Untung di SMK Negeri 2 Yogyakarta, Kamis (06/12/2018).

Ia mengungkapkan, dengan adanya program tersebut dinilai mampu mengembangkan dan mampu memfasilitasi bagi para siswa untuk berinovasi dan mengembangkan minat dibidang kreatifitasnya masing-masing.

"Sehingga nanti apa yang ingin siswa kerjakan ataupun ada permasalahan dimasyarakat kita bisa memfasilitasi untuk mewujudkannya dan bisa berguna bagi masyarakat," ujarnya.

Ia menuturkan, dalam menyambut era digitalisasi revolusi industri 4.0, pengembangan program semacam itu merupakan hal yang tepat sebagai upaya sekolah dalam mengikuti perkembangan zaman.

"Startup yang rencananya akan kami kembangkan berjumlah 15, tapi yang kita tayangkan hari ini ada 7. Kita tampilkan produk media pembelajaran untuk anak PAUD, TK, ABK yang bentuknya augmented reality, jadi siswa berinteraksi dengan lihat wujudnya langsung," paparnya.

Starup tersebut diantaranya Reality Map 3D, Forstev, Kertas, Mind Warehouse, B-Smart STM, Carpenter, Skatech. Sangaji Technopark ini diharapkan mampu merealisasikan program dan produk-produk serta jasanya, sehingga bermanfaat untuk masyarakat.

"Harapan kami bisa dikenal masyarakat dan bermanfaat, sehingga muncul perusahaan rintisan baru dari Sangaji Technopark SMKN 2 Yogyakarta," terangnya.

Salah satu contoh karya kreatifitas siswa SMKN 2 Yogyakarta yakni menciptakan starup B-Smart STM. Starup tersebut merupakan sebuah kandang burung cerdas yang secara otomatis dapat memberi makan dan minum burung dengan bantuan teknologi.

Penggagas kandang burung B-Smart STM Indra Kurniawan mengungkapkan, kandung burung cerdas tersebut memiliki fitur konfigurasi yang dapat dikostumisasi, full modular, full control via WiFi.

Nantinya, Smartphone akan terkoneksi dengan WiFi B-Smart. Kemudian, melalui browser masuk ke website dari B-Smart. "Dari sini kita dapat memilih setiap berapa jam alat tersebut memberi makan dan minum," imbuh Indra.(*)

Pilih BanggaBangga100%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Kembali ke Tahun 70-an, Nikmati Pengalaman Terbang dengan Pesawat "Vintage" Garuda Indonesia! Sebelummnya

Kembali ke Tahun 70-an, Nikmati Pengalaman Terbang dengan Pesawat "Vintage" Garuda Indonesia!

Selandia Baru yang Jatuh Cinta dengan Kopi Instan Indonesia Selanjutnya

Selandia Baru yang Jatuh Cinta dengan Kopi Instan Indonesia

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.