Indonesia Merajai Kata Kunci Terpopuler di Google 2018

Indonesia Merajai Kata Kunci Terpopuler di Google 2018
info gambar utama

Google baru saja merilis daftar 15 kata kunci terpopuler selama tahun 2018. Menariknya, 8 diantaranya adalah ajang olahraga dan menyangkut nama Indonesia di dalamnya.

Populernya nama Indonesia di Google selama tahun 2018 tak lepas dari banyaknya pentas olahraga internasional yang digelar di Tanah Air. Mulai dari Asian Games sampai Piala AFF junior maupun senior, juga lagu resmi Asian Games berjudul Meraih Bintang yang dibawakan Via Vallen.

Kepopulerannya bahkan hampir menyaingi jumlah pencarian di kata kunci Piala Dunia 2018. Data dari Nielsen Indonesia menyebutkan, popularitas Piala Dunia 2018 di internet mencapai 85%, sedangkan Asian Games 2018 sebesar 65%.

Selain kata kunci di kategori ajang olahraga, pencarian populer juga mencakup Timnas U-23, ketua komite Asian Games (INASGOC) Erick Thohir, ganda putra Indonesia di bulu tangkis yakni Kevin Sanjaya dan Marcus Gideon, lalu Jonathan Christie tunggal putra bulu tangkis Indonesia yang populer berkat fotonya saat membuka baju merayakan kemenangan.

“Acara-acara besar biasanya menjadi kata kunci yang paling banyak dicari. Untuk ajang olahraga, pengguna Google biasanya mencari informasi tentang profil atlet, hasil pertandingan, jadwal, dan tempat digelarnya laga,” ungkap Mira Sumanti, manajer pemasaran Google Indonesia, dikutip dari The Jakarta Post.

Google memang memberikan porsi khusus pada ajang-ajang olahraga. Pengguna bisa mendapatkan skor terbaru pertandingan dan segala informasinya, cukup dengan melihat bagian atas di halaman pertama.

Kemudian untuk banyaknya kata kunci populer yang menyangkut nama Indonesia, jumlah ini meningkat pesan dibanding tahun lalu. Pada tahun 2017, nama Indonesia hanya tercantum di kategori SEA Games 2017 dalam daftar 10 besar kata kunci terpopuler.

Sumber: The Jakarta Post

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini