Lombok, Wisata Halal No. 1 di Indonesia

Lombok, Wisata Halal No. 1 di Indonesia

Pantai Senggigi di Lombok © Travellink Indonesia

Daftar Indonesia Muslim Travel Index (IMTI) 2018 yang dikeluarkan pada 7 Desember lalu, menempatkan Lombok di urutan pertama dari 10 tujuan wisata halal di Indonesia. Kata “halal” di sini bermakna sangat bersahabat dengan para pengunjung beragama Islam, mulai dari lingkungan dan fasilitas penunjang ibadahnya.

Dilansir dari The Jakarta Post, ada empat kriteria agar sebuah area wisata bisa dilabeli tempat wisata halal. Kriteria-kriteria tersebut menyangkut akses ke tempat ibadah, komunikasi, lingkungan sekitar, dan pelayanan di tempat tersebut. Selain itu, perkembangan area wisata juga menjadi pertimbangan tersendiri.

Terpilihnya Lombok di urutan pertama IMTI 2018 tak lepas dari banyaknya masjid dan fasilitas penunjang lainnya untuk umat muslim. Tak kurang dari seribu masjid bisa dijumpai di Lombok, dan pemerintah setempat juga menujukkan keinginan kuat untuk menjadikan Lombok sebagai tujuan wisata yang bersahabat pada pemeluk agama Islam.

Keberhasilan Lombok sebagai pemuncak daftar IMTI 2018 juga berimbas pada terangkatnya pamor Indonesia di Global Muslim Travel Index (GMTI). Jika di tahun 2015 Indonesia menempati peringkat 6, di tahun 2018 ini Indonesia naik empat strip ke posisi dua.

Namun di balik kesuksesan menjadi yang terbaik di IMTI 2018, pekerjaan berat juga mengintai Lombok. Sebuah kawasan wisata di Nusa Tenggara Barat (NTB) ini ditargetkan bisa menarik lima juta wisatawan muslim di tahun 2019.

Lalu bagaimana dengan sembilan area wisata lainnya di IMTI 2018? Berturut-turut di bawah Lombok adalah Aceh, Jakarta, Sumatera Barat, Yogyakarta, Jawa Barat, Kepulauan Riau, Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Sulawesi Selatan.


Sumber: The Jakarta Post

Pilih BanggaBangga75%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang25%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%
Untuk membantu kami agar lebih baik, kamu bisa memberikan kritik dan saran kepada GNFI di halaman Kritik dan Saran. Terima kasih.

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Nyi Roro Kidul, Inspirasi Karakter Baru Mobile Legends Sebelummnya

Nyi Roro Kidul, Inspirasi Karakter Baru Mobile Legends

Akan Ada Bandara Baru di Jawa Timur, Dibangun April 2020 Selanjutnya

Akan Ada Bandara Baru di Jawa Timur, Dibangun April 2020

Aditya Jaya Iswara
@adityajoyo

Aditya Jaya Iswara

Tidak bisa masak tapi suka makan. Tidak bisa main bola tapi suka nonton bola.

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.