5 Gunung Dengan Ladang Edelweiss di Indonesia

5 Gunung Dengan Ladang Edelweiss di Indonesia

Ladang edelweiss di Gunung Mebabu © Sumber: ShareYourMind

Bunga berbentuk kecil dan putih, bersih dan terang seperti edelweiss hanya dapat ditemukan di daerah ketinggian. Tidak heran bahwa hanya para pendaki yang sering mengalami kegembiraan menemui bunga gunung yang cantik di Indonesia ini.

Edelweiss mekar antara bulan April dan Agustus di ketinggian lebih dari 1.800 meter di atas permukaan laut. Bunga abadi ini adalah obat tidak beracun terhadap masalah perut dan pernapasan.

Berikut lima gunung di Indonesia, yang dihiasi oleh ladang edelweiss, seperti dikutip dari kompas.com:

1. Gunung Gede dan Pangrango

Ladang Edelweiss di Surya Kencana Square gunung Gede | Sumber: Kompasiana
Ladang Edelweiss di Surya Kencana Square gunung Gede | Sumber: Kompasiana

Dua ladang edelweiss dapat ditemukan di pegunungan Gede dan Pangrango yang bersebelahan.

Di Gunung Gede, ladang edelweiss terletak di Surya Kencana Square, di sebelah selatan puncak gunung. Sementara di Gunung Pangrango, padang rumput edelweiss tumbuh di Lembah Mandalawangi.

2. Gunung Merbabu

Edelweiss tumbuh di gunung Jawa Tengah ini di atas ketinggian 3142 m. Para pendaki harus berjalan ke pegunungan savana, yang dapat dicapai melalui jalur Selo atau Gancik selatan. Setelah mencapai savana, bunga edelweiss dapat dilihat di sepanjang jalur pendakian. Edelweiss yang paling indah terletak di dekat puncak.

3. Gunung Lawu

Bunga edelweiss di Gunung Lawu | Sumber: Phinemo
Bunga edelweiss di Gunung Lawu | Sumber: Phinemo

Gunung Lawu juga dihiasi dengan ladang edelweiss. Bunganya dapat dilihat tepat di bawah Puncak Hargo Dumilah. Selain itu, edelweiss juga dapat ditemukan di jalur pendakian ke Candi Cetho, tepatnya di savana pertama sebelum post Bulak Peperangan menuju Pasar Dieng.

4. Gunung Sindoro

Edelweiss dapat ditemukan di gunung setinggi 3.150 m di bawah puncak sepanjang jalur Kledung di selatan. Sementara itu, di sepanjang jalur Bansari dari timur, edelweiss dapat ditemukan di pos kamp terakhir sebelum puncak.

5. Gunung Semeru

Bunga edelweiss gunung Semeru | Sumber: Mawarung
Bunga edelweiss gunung Semeru | Sumber: Mawarung

Dijuluki "Atap Jawa", Gunung Semeru menarik para pendaki dari seluruh Indonesia. Selain danau Ranu Kumbolo yang megah dan desa Oro-Ombo yang indah, Gunung Semeru adalah rumah bagi hamparan edelweiss. Sebagian besar dapat ditemukan antara pos Jambangan dan Kalimati.

Selain di lima gunung ini edelweiss juga tumbuh di beberapa gunung lainnya di Indonesia, seperti Gunung Papandayan di Garut, Jawa Barat, dan Gunung Rinjani di Lombok, Nusa Tenggara Barat.


Sumber: Jakarta Post

Pilih BanggaBangga27%
Pilih SedihSedih2%
Pilih SenangSenang20%
Pilih Tak PeduliTak Peduli2%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi2%
Pilih TerpukauTerpukau46%

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Taman Rekreasi Tematik Terbesar di Jawa Tengah Resmi Dibuka! Sebelummnya

Taman Rekreasi Tematik Terbesar di Jawa Tengah Resmi Dibuka!

Benteng  Ulantha, Tempat Favorit Penikmat Senja di Gorontalo Selanjutnya

Benteng Ulantha, Tempat Favorit Penikmat Senja di Gorontalo

Vita Ayu Anggraeni
@ayuvitaa

Vita Ayu Anggraeni

I work here because I value positivity. In the midst of social media era I wish that everyone builds harmony through positivity, so I start from myself.

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.