Inilah Wisata dan Beberapa Kuliner yang Hits di Kabupaten Banyuwangi! (Part 2)

Inilah Wisata dan Beberapa Kuliner yang Hits di Kabupaten Banyuwangi! (Part 2)
info gambar utama

Kabupaten Banyuwangi adalah sebuah kabupaten paling timur di Provinsi Jawa Timur. Kabupaten Banyuwangi juga kabupaten terluas di Jawa Timur bahkan terluas di Pulau Jawa, dengan luas wilayahnya yang mencapai 5.782,50 km2, mengalahkan luas dari Pulau Bali yang hanya berbeda sedikit, yaitu 5.636,66 km2.

Kabupaten yang memiliki sebutan Sunrise of Java ini memiliki berbagai macam tempat wisata khususnya alam, mulai dari Gunung hingga Pantai. Sepertinya butuh waktu lebih dari sebulan untuk Anda yang ingin menikmati semua wisata alam di Kabupaten Banyuwangi.

Bagi Kawan GNFI yang belum memiliki rencana mau berwisata kemana pada pergantian tahun atau saat tahun baru nanti, Kabupaten Banyuwangi bisa jadi pilihannya. Selain banyak sekali tempat wisata, kulinernya pun juga sangat nikmat.

Berikut adalah beberapa tempat yang bisa kamu kunjungi dan beberapa kuliner khas yang bisa kamu nikmati di Kabupaten Banyuwangi :

De Djawatan

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)

Jika Anda sangat menyukai film dengan genre fiksi, Anda wajib datang ke destinasi wisata ini. De Djawatan berlokasi di Desa Benculuk, Kecamatan Cluring, Banyuwangi. Di tempat ini, kawan akan merasakan seperti masuk ke dalam film Lord of The Ring . Di sini banyak sekali pohon trembesi yang hidup dan sekilas seperti berada di Hutan Fangorn dalam film tersebut.

De Djawatan adalah hutan lindung milik Perhutani KPH Banyuwangi Selatan. Pada jaman Belanda, tempat tersebut adalah Tempat Penimbunan Kayu (TPK) dari hasil hutan milik Perhutani di kawasan selatan Banyuwangi.

Selain objek wisata, Kawan GNFI harus mencoba kuliner khasnya yang menggoyang lidah.

Nasi Tempong

Sumber : tripadvisor
info gambar

Kuliner yang satu ini memiliki rasa yang kaya. Manis, asam, asin, dan pedas melebur jadi satu. Nasi tempong merupakan nasi dengan sambal pedas yang khas Banyuwangi. Uniknya sambal ini menggunakan tomat yang tidak biasa. Rasa segar pada sambal berasal dari tomat ranti, jenis tomat yang memiliki bentuk unik. Ditambah dengan terasi, cabai rawit, dan jeruk sambal.

Menu tersebut disajikan hangat lengkap dengan lauk gorengan seperti tempe, tahu, perkedel jagung, dan ikan asin dan lauk tambahan seperti telur dadar, cumi asin, ayam goreng, ikan laut, Sayur rebus, seperti labu siam, genjer, bayam, terong, dan kemangi.

Rujak Soto

sumber : Magazine Job-Like
info gambar

Rujak Soto adalah makanan yang sangat unik, di mana bahan-bahannya perpaduan antara rujak sayur dengan soto daging.

Untuk menikmati makanan ini, kita harus mencampurkan rujak dengan kuah soto beserta dagingnya. Meski terkesan unik dan aneh, namun lidah Anda akan merasakan sesuatu yang baru ketika mencobanya. campuran kuah soto dengan bumbu kacang akan membuat indera perasa kawan bergoyang. Tidak ada salahnya mencoba hal baru bukan?

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini