Buka Kenangan Jaman Dulu, Inilah Beberapa Foto Lawas Surabaya!

Buka Kenangan Jaman Dulu, Inilah Beberapa Foto Lawas Surabaya!
info gambar utama

Surabaya adalah Kota Metropolitan di Jawa Timur yang memiliki luas sekitar 350,54 km² dengan penduduknya berjumlah 2.892.200 jiwa pada tahun 2018. Surabaya juga memiliki banyak sejarah dalam mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia.

Surabaya juga pernah menjadi kota terbesar di Hindia Belanda (Indonesia sebelum merdeka) dan menjadi pusat perdagangan di Nusantara yang setara dengan Hong Kong dan Shanghai pada masanya. Pada masa itu, kota ini sebagai ibu kota Karesidenan Surabaya, dengan wilayah mencakup Kabupaten Gresik; Sidoarjo; Mojokerto; dan Jombang.

Surabaya tidak langsung memiliki wilayah yang luas seperti masa sekarang, pusat kota Surabaya pada tahun 1900an hanya di sekitar Jembatan Merah. Kemudian pada tahun 1910, dibangun sebuah pelabuhan modern di Surabaya dengan nama Pelabuhan Tanjung Perak. Semakin tahun, kota Surabaya makin berkembang sampai tahun 1920-an, tumbuh permukiman baru seperti daerah Darmo; Gubeng; Sawahan; Ketabang; dan lain-lain. Seperti apakah Kota Surabaya pada jaman dulu?

Berikut adalah beberapa foto-foto jalanan Kota Surabaya pada tempo dulu

Gedung Grahadi yang dulunya ternyata menghadap ke Sungai Kalimas. Namun diubah menghadap ke selatan pada tahun 1800an (sumber : panduanwisata.id)
info gambar

.

Gedung ini awalnya bernama Whiteway Laidlaw milik pengusaha textile dari inggris, Robert Laidlaw.
info gambar

.

hotel
info gambar

.

dhj
info gambar

.

(sumber : foto2surabaya.blogspot.com)
info gambar

.

(sumber : wikipedia)
info gambar

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan. Artikel ini dilengkapi fitur Wikipedia Preview, kerjasama Wikimedia Foundation dan Good News From Indonesia.

Terima kasih telah membaca sampai di sini