48 Rumpon Dipasang di Pulau Seribu Guna Sebagai Habitat Organisme Laut

48 Rumpon Dipasang di Pulau Seribu Guna Sebagai Habitat Organisme Laut
info gambar utama

mage the coral. They were [placed] 30 meters deep,” he said, as quoted by wartakota.tribunnews.com.

Sekitar 48 rumpon (terumbu buatan) telah tersebar di perairan Kepulauan Seribu di utara Jakarta dengan tujuan menyediakan habitat bagi organisme laut.

Proses pemasangan rumpon | Sumber: Pemerintah Administrasi Kabupaten Pulau Seribu
info gambar

“Delapan belas rumpon dipasang di Pulau Dayung, sementara sisanya berada di perairan Pulau Tidung,” ucap Kepala Badan Ketahanan Pangan Kepulauan, Laut dan Pertanian, Sutrisno, seraya menambahkan bahwa rumpon dipasang pada hari Selasa dan Rabu.

Dia mengatakan lokasi dipilih berdasarkan survei dan umpan balik dari penduduk setempat.

“Mereka dipasang tidak terlalu jauh dari karang. Jika terlalu dekat, maka akan merusak karang. Mereka [ditempatkan] pada kedalaman 30 meter, ”katanya, seperti dikutip oleh wartakota.tribunnews.com.

Rumpon di Pulau Seribu | Sumber: Istimewa
info gambar

Rumpon dengan ketinggian 2,5 meter tersebut terbuat dari kayu dolken dan daun kelapa kering, dengan lebar 3 meter di bagian bawah dan 2,5 meter di bagian atas.

Instalasi ini bertujuan untuk meningkatkan potensi ekonomi sumber daya ikan di Kepulauan Seribu.

"Dengan instalasi rumpon ini kami ingin sumber daya perikanan menjadi lebih berlimpah," tambahnya.

Instalasi rumpon kali ini merupakan yang pertama tahun ini. Sutrisno mengatakan bahwa pihaknya telah memasang rumpon di perairan Pulau Pramuka dan Pulau Panggang tahun lalu. Selain itu, Badan Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian Jakarta berencana memasang rumpon yang lebih besar dari beton tahun depan.


Sumber: Jakarta Post

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini