400 Meter Penuh Akan Mural di Dinding Surakarta

400 Meter Penuh Akan Mural di Dinding Surakarta
info gambar utama

Mural Presiden Joko Widodo yang berasal dari Surakarta | Foto: Maksum Nur Fauzan / Jakarta Post
info gambar

Ratusan seniman baru-baru ini berkumpul di area perbelanjaan di Jl. Gatot Subroto, Surakarta (juga dikenal sebagai Solo), Jawa Tengah, membawa serta kuas cat, cat minyak, cat semprot, dan peralatan lainnya.

Pertemuan itu adalah bagian dari sebuah acara yang disebut “SOLO is Solo” dan setelah jam 9 malam, para seniman menyebar ke beberapa lokasi di kota.

Para seniman mendekorasi mobil yang ada di jalan utama tersebut |
info gambar

Tangan mereka dengan cekatan mendekorasi pintu, dinding, dan bahkan beberapa mobil di jalan utama kota. Kegiatan tersebut lebih cocok disebut penciptaan mural daripada vandalisme. Para seniman mural telah membuat persiapan untuk menampilkan karya mereka kepada masyarakat Surakarta, serta wisatawan.

Mural menunjukkan keakraban kedua calon presiden RI |
info gambar

Inisiator SOLO is Solo, Irul Hidayat, mengatakan bahwa lukisan mural tersebut tidak dibuat secara acak tetapi telah dirancang dan dikonseptualisasikan untuk hasil yang optimal. Irul mengatakan mural bisa menjadi alat yang berguna untuk mencapai tujuan yang menarik dan edukatif di ruang publik melalui tema budaya, sosial dan kebangsaan.

Super Minister: Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Susi Pudjiastuti melihat mural dirinya yang digambarkan sebagai salah satu pahlawan super DC COmics, Wonder Woman | Foto:
info gambar

Jalan sepanjang 400 meter Jl. Gatot Subroto kemudian berisikan mural yang dibuat oleh para seniman, yang berasal dari 28 kelompok, sebagai pameran publik. Semua karya diciptakan dari 18 hingga 28 Oktober, yang sekaligus menandai Hari Sumpah Pemuda. Zona belanja tersebut kemudian diharapkan untuk menjadi tujuan wisata baru.


Sumber: Jakarta Post

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini