Daftar Terbaru Kampus Terhijau di Dunia Versi UI GreenMetric

Daftar Terbaru Kampus Terhijau di Dunia Versi UI GreenMetric
info gambar utama

Universitas Indonesia melalui UI GreenMetric World University Rankings 2018 pada Rabu (19/12) lalu merilis daftar terbaru, untuk Kampus Hijau Terbaik di seluruh dunia. Pemeringkatan ini terbagi menjadi dua, yakni peringkat di dunia dan peringkat di Indonesia.

Untuk peringkat di dunia, posisi pertama diduduki oleh Wageningen University & Research. Universitas pertanian di Belanda tersebut memiliki keunggulan hampir pada seluruh kriteria di UI GreenMetric, bahkan memperoleh nilai maksimal pada tiga kriteria yaitu Pengelolaan Limbah (WS), Pengelolaan Air (WR), dan Pendidikan (ED) sehingga mampu membawanya kembali meraih predikat perguruan tinggi hijau terbaik nomor satu dunia.

Kemudian di peringkat kedua, bertengger University of Nottingham dari Inggris. Keunggulan pada kriteria Energi dan Perubahan Iklim (EC), serta pengolahan air dan pendidikan, membawanya menjadi runner-up di daftar ini. Ada empat sumber energi terbarukan yang dimiliki universitas ini, yaitu Clean Biomass, Solar Cell, Geothermal, dan Combine Heat and Power. Penggunaan smart-eco building-nya juga sudah mencapai lebih dari 75%.

Ketua UI GreenMetric, Prof. Dr. Riri Fitri Sari, M.Sc., MM. | Foto: Humas dan KIP UI
info gambar

Kedua universitas tersebut memimpin daftar 10 besar kampus terhijau dunia versi UI GreenMetric World University Rankings 2018, dalam siaran pers yang diterima GNFI. Kesepuluh universitas ini mengungguli 709 universitas lainnya dari 81 negara di dunia, yang turut berpartisipasi di ajang ini.

Berikut ini adalah daftar 10 besar UI GreenMetric World University Rankings 2018.

  1. Wageningen University & Research
  2. University of Nottingham
  3. University of California Davis
  4. University of Oxford
  5. Nottingham Trent University
  6. Umwelt-Campus Birkenfeld
  7. University of Groningen
  8. Bangor University
  9. University College Cork
  10. University Of Connecticut

Sementara itu untuk 10 terbaik dari 66 perguruan tinggi di tingkat Indonesia, peringkat pertama masih dipertahankan oleh Universitas Indonesia (UI), yang disusul oleh Institut Pertanian Bogor (IPB) dan Universitas Diponegoro (Undip). Berikut adalah daftar 10 besarnya.

  1. Universitas Indonesia (UI)
  2. Institut Pertanian Bogor (IPB)
  3. Universitas Diponegoro (UNDIP)
  4. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)
  5. Universitas Negeri Semarang (UNNES)
  6. Universitas Gadjah Mada (UGM)
  7. Universitas Sebelas Maret (UNS)
  8. Universitas Islam Indonesia (UII)
  9. Universitas Padjadjaran (UNPAD)
  10. Telkom University
Perwakilan 10 besar Kampus Terhijau di Indonesia | Foto: Humas dan KIP UI
info gambar

Pemeringkatan UI GreenMetric World University Rankings 2018 dilandasi oleh tiga filosofi dasar, yakni Environment, Economic, dan Equity (3’Es). Bobot indikator penilaian terdiri atas Keadaan dan Infrastruktur Kampus (15%), Energi dan Perubahan Iklim (21%), Pengelolaan Sampah (18%), Penggunaan Air (10%), Transportasi (18%), dan Pendidikan (18%).

Jumlah peserta di ajang ini terus meningkat dari tahun ke tahun. Di tahun 2017 ada 619 perguruan tinggi dari 76 negara yang ikut serta, dan meningkat ke angka 719 universitas dari 81 negara di dunia pada tahun 2018. Belgia, Bulgaria, Kosta Rika, dan Kroasia merupakan beberapa negara yang baru bergabung di UI GreenMetric World University Rankings.***

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini