Melaju Sekencang 30 Mbps dengan Palapa Ring

Melaju Sekencang 30 Mbps dengan Palapa Ring
info gambar utama

Jaringan kabel serat optik sepanjang 2.995 kilometer yang melintasi 17 kabupaten dan kota itu telah selesai dibangun. Proyek Palapa Ring Tengah namanya, yang merupakan salah satu dari tiga bagian proyek Palapa Ring.

Dilansir dari Kompas.com, 2.995 kilometer panjang kabel optik di Palapa Ring Tengah terdiri dari 1.326,22 kilometer di kabel darat dan 1.787,06 di kabel laut. Pemasangannya dilakukan di jalur bebas gempa, yang meliputi Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, dan Maluku Utara.

PT. LEN Telekomunikasi Indonesia menjadi pihak yang melakukan proyek pembangunan infrastruktur senilai Rp 1,38 triliun ini. Apabila telah rampung dibangun, masyarakat Indonesia dapat menikmati jaringan internet 4G secara merata di setiap wilayah dengan kecepatan sampai 30 Mbps.

Proyek Palapa Ring terbagi ke tiga bagian. Palapa Ring Barat sudah selesai sepenuhnya pada Maret 2018 lalu, kemudian Palapa Ring Tengah baru saja kelar dibangun bulan ini karena baru tanda tangan kontrak pada 4 Maret 2016, sedangkan pengerjaan Palapa Ring Timur sudah mencapai 88,14%.

Pembangunan proyek ini terlaksana berkat kerja sama pemerintah dan badan usaha (KPBU) atau public private partnership (PPP). Sementara itu dana pembangunan proyek didapat dari dana Universal Service Obligation (USO), yang merupakan dana kontribusi perusahaan telekomunikasi berbobor 1,25% di tiap kuartal.


Sumber: Kompas.com

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini