Kini di Provinsi Ini Bayar Pajak Semudah Memesan Go-Jek

Kini di Provinsi Ini Bayar Pajak Semudah Memesan Go-Jek
info gambar utama

Pemerintah provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) telah meluncurkan layanan pembayaran digitalnya yang disebut SAMSAT Delivery untuk memungkinkan orang membayar pajak tahunan untuk kendaraan mereka melalui smartphone mereka.

“Program inovatif ini untuk pertama kalinya tersedia di Indonesia. Kami berharap ini akan meningkatkan tingkat pembayaran pajak kendaraan,” Kapolda NTB Insp. Jenderal Achmat Juri mengatakan saat peluncuran di Mandalika, Lombok Tengah, baru-baru ini.

Kawasan Kuta Mandalika | Sumber: Kompas
info gambar

“Platform pembayaran elektronik tidak hanya membantu orang membayar pajak kendaraan mereka dengan proses pembayaran yang mudah, tetapi akan membantu petugas untuk dengan cepat memverifikasi kendaraan,” kata Achmat, menambahkan bahwa itu adalah hadiah Tahun Baru bagi penduduk NTB.

Kepala departemen lalu lintas Kepolisian Nusa Tenggara Barat, Ajun. Sr. Comr. Amin Litarso, menjelaskan bahwa untuk membayar pajak melalui SAMSAT Delivery, pemilik kendaraan dapat membuka aplikasi dan menemukan tagihan pajak kendaraan mereka dan menyelesaikan proses pembayaran.

“Orang-orang yang menghabiskan waktu luang mereka di Lombok Epicentrum Mall, misalnya, hanya perlu membuka aplikasi Pengiriman SAMSAT dan memproses pembayaran sebelum petugas kami datang dengan pemberitahuan pajak. Semudah membeli pulsa ponsel pintar,” tambahnya.

Kepala perbendaharaan NTB Iswandi menyatakan harapan bahwa dengan platform pembayaran baru, pemerintah NTB akan dapat mengumpulkan lebih banyak pendapatan daerah.

Sumber: bappenda.ntbprov.go.id
info gambar

"Kami ditantang untuk meningkatkan pendapatan daerah untuk pembangunan dan proses pemulihan," katanya, merujuk pada pemulihan daerah yang dilanda gempa bumi baru-baru ini di provinsi tersebut.

Rahmat Solihin, warga setempat, menyatakan dukungan untuk program tersebut. “Sebagai orang lokal, saya benar-benar senang dengan platform ini. Sekarang, membayar pajak motor lebih mudah bagi kita. Ini seperti memesan Go-Jek,” kata Rahmat, merujuk pada layanan aplikasi Go-Jek.


Sumber: Jakarta Post

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini