Di Warung Ini, Pengunjung Bisa Akses Internet dan Pesan Penginapan

Di Warung Ini, Pengunjung Bisa Akses Internet dan Pesan Penginapan

Warung Pintar © Techinasia

Ayo bantu mencegah penyebaran Covid-19 dengan menjaga jarak fisik dengan orang lain atau dengan di rumah saja 🌎🏠. Rekomendasi lain dari WHO

Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur bekerja sama dengan perusahaan rintisan (startup) teknologi ritel “ Warung Pintar” menggarap warung yang dilengkapi dengan akses internet dan informasi pariwisata Banyuwangi.

Warung pintar tersebut akan disebar di beberapa titik wilayah Kabupaten Banyuwangi. Salah satu warung pintar yang telah didirikan dikelola oleh Budi Santoso, seorang petugas kebersihan. Budi mendirikan warung pintar di dekatnya Taman Blambangan Banyuwangi.

"Saya pesapon. Biasanya saya nyapu di jalan Brawijaya mulai jam 5 sampai jam 11 siang terus fokus di sini," jelas Budi Santoso kepada Kompas.com, Sabtu (22/12/2018).

Seperti warung pada umumnya, Budi berjualan makanan minuman ringan serta kebutuhan pribadi. Namun yang membedakan, warung pintar tersebut menyediakan akses wifi dan didesain lebih modern.

Warung Pintar. Foto: East Ventures
Warung Pintar. Foto: East Ventures

Selain itu warung ini dilengkapi charger listrik dan pengunjung yang datang bisa langsung memesan penginapan dan mengakses informasi pariwisata yang ada di Kabupaten Banyuwangi.

"Banyak yang ngopi. Nongkrong sambil buka laptop di sini. Makanan sama minumannya beli di sini," kata Budi

“Hari ini mulai jalan, soft launching. Tahap awal ada 9 Warung Pintar digerakkan warga. Ke depan akan terus bermunculan karena yang daftar cukup banyak, masih proses semuanya,” ujar Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas pada Surya.co.id saat meresmikan Warung Pintar, di Taman Blambangan, Sabtu (22/12).

Di setiap warung pintar juga disediakan informasi pariwisata yang bisa diakses dengan mudah dengan layar sentuh mulai informasi destinasi wisata, kuliner, sarana transportasi hingga penginapan.

Haryo (tutup kepala hijau) bersama Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas di Warung Pintar yang berada di Taman Blambangan, Banyuwangi, Sabtu (22/12/2018). Foto: Kompas.com/Ira Rachmawati
Haryo (tutup kepala hijau) bersama Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas di Warung Pintar yang berada di Taman Blambangan, Banyuwangi, Sabtu (22/12/2018). Foto: Kompas.com/Ira Rachmawati

Anas menambahkan, program ini ikut menumbuhkan semangat berwirausaha warga dengan memproduksi kue kering, kopi, temulawak, aksesori, dan sebagainya, lalu dijual di Warung Pintar

"Khusus di Banyuwangi saat ini ada 23 produk UMKM yang akan kita bantu pasarkan. Termasuk di Jakarta. Jadi jika orang Jakarta ingin kopi Banyuwangi nggak harus beli ke Banyuwangi karena biasanya mahal di ongkos kirim. Mereka bisa beli di jaringan warung pintar yang ada di Jakarta," kata Harya Putra, Co-Founder Warung Pintar.

Harya menambahkan digitalisasi warung dilakukan dalam berbagai hal, mulai manajemen keuangan hingga pasokan barang.

Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas, saat meresmikan Warung Pintar di Taman Blambangan, Sabtu (22/12). Foto: Surya.co.id
Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas, saat meresmikan Warung Pintar di Taman Blambangan, Sabtu (22/12). Foto: Surya.co.id

Berdasarkan riset, digitalisasi ala Warung Pintar mampu meningkatkan pendapatan bulanan warung-warung kecil sebesar 89 persen dibanding sebelumnya.

"Tak hanya jualan, warga juga bisa memperoleh pendapatan lain, misalnya iklan dari jaringanWarung Pintar,” imbuh Harya.

Saat ini, Warung Pintar sudah memiliki 1.100 warung yang tesebar di wilayah Jabodetabek dan 8 warung di kabupaten Banyuwangi.

WHO merekomendasikan beberapa langkah dasar untuk membantu mencegah penyebaran Covid-19.

  1. Cuci tangan sesering mungkin setidaknya selama 20 detik
  2. Jika batuk/bersin arahkan ke lipatan siku
  3. Bersihkan dan disinfeksi benda yang sering disentuh
  4. Tetap di rumah saja bagi yang bisa
  5. Hindari menyentuh wajah
  6. Jaga jarak fisik dengan orang lain (physical distancing)

Yuk, saling menjaga dan membantu. Semoga kita semuanya diberikan kesehatan dan bisa melalui keadaan saat ini.

Pilih BanggaBangga50%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi50%
Pilih TerpukauTerpukau0%
Untuk membantu kami agar lebih baik, kamu bisa memberikan kritik dan saran kepada GNFI di halaman Kritik dan Saran. Terima kasih.

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Baru Berumur Setahun, Platform Pembayaran Digital Ini Menjadi yang Terbesar di Indonesia Sebelummnya

Baru Berumur Setahun, Platform Pembayaran Digital Ini Menjadi yang Terbesar di Indonesia

Sejarah Hari Ini (1 April 1905) - Batavia Meluas Usai Ubah Nama Selanjutnya

Sejarah Hari Ini (1 April 1905) - Batavia Meluas Usai Ubah Nama

Indah Gilang  Pusparani
@indahgilang

Indah Gilang Pusparani

http://www.indahgilang.com

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.