Pantau Kemacetan dari Aplikasi SITS CCTV Surabaya

Pantau Kemacetan dari Aplikasi SITS CCTV Surabaya

Contoh tampilan di SITS CCTV Surabaya © Dishub Surabaya

SITS namanya, Surabaya Intelligent Transport System kepanjangannya. Sistem pemantau situasi lalu lintas di Surabaya melalui kamera CCTV ini kini juga bisa diakses masyarakat umum melalui aplikasi di ponsel!

Menurut Kepala Dishub Kota Surabaya, Irvan Wahyu Drajat, aplikasi ini sebenarnya sudah dirilis sejak lama, tapi terus diperbarui dengan perbaikan dan penambahan titik lokasi CCTV.

Cara pemakaian aplikasi ini sangat mudah. Pengguna hanya perlu mengunduhnya via Google Play Store, lalu membukanya dan pilih di titik mana tampilan CCTV ingin dilihat. Di situ langsung muncul situasi terkini lalu lintas, apakah lancar atau tersendat.

Bahkan tak hanya kemacetan yang bisa dipantau, tapi juga cuaca di daerah yang hendak dilewati. Pun jika ada genangan air juga bisa dilihat langsung melalui aplikasi SITS CCTV Surabaya.

Saat ini ada 40 titik CCTV yang terletak di sejumlah ruas jalan utama Surabaya. Untuk jumlah kameranya, ada 520 CCTV yang dipasang dan terintegrasi dengan sistem Dishub Kota Surabaya. Ini mencakup hampir seluruh wilayah kota dengan ikon hiu dan buaya tersebut.

Selain memudahkan pengguna, SITS juga mempermudah tugas Dinas Perhubungan Surabaya. Dengan adanya SITS, sekarang insiden lalu lintas dapat terpantau langsung dan bisa segera diberi tindakan, baik dari Dishub maupun Command Center 112.

Kemudian SITS juga berfungsi untuk mengatur lampu lalu lintas langsung dari kantor. Saat ini ada sekitar 120 traffic lights yang terhubung langsung dengan SITS, dan untuk mengubahnya sesuai kebutuhan bisa dilakukan secara otomatis. Namun jika ada pemadaman listrik atau kendala koneksi, pengaturan manual tetap diperlukan.

Adanya SITS diharapkan bisa membantu aktivitas warga Surabaya yang hendak bepergian. Dengan memantau situasi terkini di lalu lintas Surabaya, pengguna SITS dapat mencari jalan alternatif untuk menghindari macet, dan mempersiapkan diri menghadapi cuaca di jalan yang akan dilewati.

Untuk mengunduhnya, Kawan GNFI bisa melakukannya di tautan ini.


Sumber: Tribun Jatim, Surya Malang

Pilih BanggaBangga100%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Tim Redaksi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Kisah Kepala Madrasah Dirikan Sendiri Pondok Baca di Madrasahnya Sebelummnya

Kisah Kepala Madrasah Dirikan Sendiri Pondok Baca di Madrasahnya

Kampung Literasi akan Dibangun di Jambi Selanjutnya

Kampung Literasi akan Dibangun di Jambi

0 Komentar

Beri Komentar