Deretan Alun-alun Terindah di Indonesia

Deretan Alun-alun Terindah di Indonesia
info gambar utama

Jelang malam pergantian tahun, tempat-tempat ikonik tiap kota di Indonesia akan diramaikan banyak orang. Menyaksikan percikan kembang api di langit menjadi tujuan utamanya, sembari melepas penat dan mengabadikan momen di malam itu.

Sebagian orang akan menetapkan tujuan ke tempat wisata, sebagian lainnya akan mengunjungi rumah teman atau saudara, dan ada pula yang akan menuju….. alun-alun! Ya, inilah area taman yang menjadi ikon kota dan akan kebanjiran pengunjung di malam tahun baru!

Bicara tentang alun-alun, di Indonesia belakangan ini semakin marak renovasi alun-alun untuk memperindah sang ikon kota. Lalu, di kota mana saja yang memiliki alun-alun terindah yang sangat memanjakan mata?

Berikut ini sepuluh di antaranya, yang GNFI rangkum dari berbagai sumber.

Alun-alun Bandung | Foto: Tribun Jabar
info gambar

Alun-alun Bandung

Dengan rumput sintetisnya yang bermotif, alun-alun ini tak diragukan lagi adalah salah satu yang terindah di Indonesia. Bersebelahan dengan masjid, dari atas tampak seperti pemandangan di Timur Tengah.

Alun-alun Wonosobo | Foto: WonosoboZone
info gambar

Alun-alun Wonosobo

Hendak berwisata ke Dataran Tinggi Dieng? Sempatkan berkunjung ke alun-alun Wonosobo yang asri dengan pemandangan gunung yang sangat indah!

Alun-alun Lumajang | Foto: Imagologi
info gambar

Alun-alun Lumajang

Puluhan pohon berjejer rapi mengelilingi alun-alun Lumajang, dengan satu lingkaran besar berhias pohon rindang di tengahnya. Tak hanya sangat hijau, alun-alun ini juga tempat bersejarah bertemunya para raja, pejabat, dan rakyatnya.

Alun-alun Tenggarong | Foto: WowKeren
info gambar

Alun-alun Tenggarong

Kalau kamu ingin suasana berbeda dari kebanyakan alun-alun yang berada di tengah kota, cobalah berkunjung ke Tenggarong, Kalimantan Timur. Alun-alun di sana terletak tepat di pinggir sungai.

Pantai Seruni di alun-alun Bantaeng | Foto: WonosoboZone
info gambar

Alun-alun Bantaeng

Beda lagi dengan Bantaeng. Kota di Sulawesi Selatan ini memiliki alun-alun yang berada di pantai! Oh… betapa indahnya menyaksikan matahari tenggelam di alun-alun ini, sembari berpelukan mesra dengan pasangan, atau sambil mengenang kisah indah bersama mantan.

Alun-alun Pontianak | Foto: Borneo Channel
info gambar

Alun-alun Pontianak

Masih di Kalimantan, ada pula alun-alun Pontianak yang terkenal dengan atraksi air mancurnya! Di alun-alun ini juga terdapat replika Tugu Khatulistiwa yang menjadi kebanggaan warga Pontianak.

Taman Medan Merdeka | Foto: WonosoboZone
info gambar

Alun-alun Jakarta

Sebagai ibu kota negara, Jakarta tentunta tak mau kalah dengan kota-kota lainnya dalam mempercantik alun-alun. Di Taman Medan Merdeka dengan Monas sebagai ikonnya, ini merupakan salah satu taman kota terbesar di Asia Tenggara.

Alun-alun Batam | Foto: Travel Today
info gambar

Alun-alun Batam

Beralih ke Sumatera, ada alun-alun Batam yang bernuansa khas wilayah tropis. Berhiaskan tulisan Welcome to Batam di salah satu sisinya, jadilah alun-alun yang bernama Engku Putri Batam ini sebagai ikon kota Batam.

Alun-alun Bukittinggi | Foto: WowKeren
info gambar

Alun-alun Bukittinggi

Dengan menara Jam Gadang yang berdiri gagah, alun-alun Bukittinggi tak diragukan lagi merupakan salah satu yang terindah dan paling ikonik di Indonesia.

Alun-alun Batu | Foto: Ngalam.co
info gambar

Alun-alun Batu

Tidak terlalu luas, tapi juga tidak pernah membuat pengunjungnya puas. Alun-alun nan mini ini selalu membuat pengunjungnya ingin datang lagi dan lagi, menikmati keindahan dan kesejukan kota Batu di Jawa Timur. Fasilitas unggulan di alun-alun ini adalah Ferris Wheel atau dremulen kata warga setempat.


Sumber: Brobali.com, wonosobozone.com

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini