Mobil Indonesia Tipe Apa yang Terlaris di Luar Negeri?

Mobil Indonesia Tipe Apa yang Terlaris di Luar Negeri?

Toyota Fortuner © PT. Toyota Astra Motor

Toyota Avanza atau Daihatsu Xenia boleh berpredikat mobil sejuta umat di Indonesia. Walau begitu, ternyata mobil buatan dalam negeri yang paling laris manis di pasaran internasional bukan mereka berdua lho, Kawan GNFI!

Data yang didapat dari Detik.com menunjukkan, mobil bertipe SUV (Sport Utility Vehicle) buatan Indonesia ternyata yang paling banyak diekspor ke luar negeri, ketimbang tipe MPV (Multi-Purpose Vehicle) yang sangat banyak dipakai di Indonesia.

Toyota Fortuner menempati urutan pertama dalam daftar ini. Sepanjang tahun 2018, tak kurang dari 47.729 unit diekspor ke luar negeri. Angka tersebut jauh mengungguli Toyota Avanza yang menempati posisi kedua, dengan jumlah ekspor 32.526 unit.

Tak hanya menguasi urutan pertama dan kedua, Toyota juga meneruskan dominasinya di peringkat ketiga dan keempat. Di bawah Avanza, ada Toyota Rush dengan jumlah ekspor 28.507 unit, disusul Toyota Agya yang selisih sedikit dengan perolehan 28.364 unit.

Lalu bagaimana dengan peringkat kelima? Di posisi ini bercokol Mitsubishi Xpander dengan jumlah pengiriman ke luar negeri sebanyak 22.338 unit selama tahun 2018. Dari data ini bisa dilihat, mobil tipe SUV (Fortuner, Rush, Xpander) lebih dominan di pasaran ekspor ketimbang MPV.

Alasan mengapa tipe SUV yang paling laris di pasaran ekspor, karena masyarakat luar negeri lebih menggemari kendaraan roda empat bertipe itu. Berbeda dengan Indonesia, yang warganya lebih banyak meminati mobil-mobil bertipe MPV.

Untuk negara-negara tujuan ekspor, sebagian besar adalah negara tetangga di kawasan Asia Tenggara. Contohnya Filipina, Myanmar, Vietnam, Thailand, Brunei Darussalam, Laos, Singapura, dan Malaysia.

Kemudian selain Asia Tenggara ada pula negara-negara di Afrika, Amerika Latin, dan Timur Tengah yang menjadi tujuan ekspor terbesar. Mereka di antaranya adalah Afrika Selatan, Bermuda, Afrika Barat, Madagaskar, Pakistan, Srilanka, Arab Saudi, Peru, Bangladesh, Lebanon, Qatar, Kuwait, Oman, Yaman, Honduras, Guatemala.


Sumber: Detik.com

Pilih BanggaBangga71%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli14%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau14%

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

31 Desember 1926: Pemutaran Film Indonesia Pertama di Bioskop Sebelummnya

31 Desember 1926: Pemutaran Film Indonesia Pertama di Bioskop

Tanaman Paku Selanjutnya

Tanaman Paku

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.