6 Makanan yang Viral di Indonesia Selama 2018

6 Makanan yang Viral di Indonesia Selama 2018
info gambar utama

Inovasi makanan di Indonesia semakin kreatif dari tahun ke tahun. Beragam variasi makanan terbaru terus muncul tiap tahunnya, dan di tahun 2018 ini setidaknya ada enam makanan yang mendadak populer atau viral di dunia kuliner.

Makanan apa saja itu? Yuk kita lihat daftarnya di bawah ini, sambil menyiapkan hidangan menyambut malam tahun baru!

Es Kepal Milo | Sumber: Merdeka.com
info gambar

Es Kepal Milo

Bahan dasarnya adalah minuman, tapi karena ada topping yang bisa dikunyah jadi bisa juga disebut makanan. Es Kepal Milo mengawali kiprahnya di dunia kuliner Indonesia sekitar pertengahan tahun 2018, tepat sebelum memasuki bulan Ramadan. Kepopulerannya kemudian meningkat drastis seiring tingginya permintaan untuk berbuka puasa.

Ada banyak varian dalam penyajian Es Kepal Milo. Beberapa penjual menaburkan kacang, choco chips, kepingan sereal, dan keju di atasnya. Ada pula yang menambahkan meses, alpukat, dan topping lainnya untuk menambah kemeriahan dan cita rasa.

Donat Indomie goreng | Sumber: Merdeka.com
info gambar

Donat Indomie

Awal mula kemunculan donat Indomie adalah inovasi seorang pengusaha kuliner di Australia, yang berkreasi membuat mie instan dalam bentuk donat. Setelah viral di media sosial, donat Indomie langsung populer di kalangan anak muda, yang juga mencapai titik tertinggi kepopuleran di bulan Ramadan.

Sempol ayam | Sumber: Tribun Style
info gambar

Sempol

Bukan inovasi baru di dunia kuliner Indonesia, karena lebih tepat disebut “kebangkitan”. Sempol merupakan makanan khas yang konon berasal dari Malang Selatan dan tiba-tiba hadir lagi di dunia kuliner tahun 2018.

Bentuknya seperti telur gulung, dan bahan dasarnya dari daging ayam. Tak lama setelah “kehadirannya kembali”, kepopuleran sempol langsung melejit dan banyak dijual di kota-kota lain di luar Jawa Timur. Apakah Kawan GNFI pernah mencobanya?

Ayam geprek saus keju | Sumber: Royco
info gambar

Ayam Geprek

Jenis makanan yang paling populer dan paling konsisten menjaring konsumen sampai detik ini. Ada banyak sekali variasi ayam geprek, mulai dari yang digeprek ayamnya, disajikan potongan ayam beserta sambal geprek, berupa ayam suwir, dan bertabur keju parut atau ditambahi lelehan keju mozzarella.

Kawan GNFI tentunya sudah punya langganan ayam geprek masing-masing kan? Menurut kalian yang paling mantap ayam geprek mana nih?

Pisang nugget saus coklat dan green tea | Sumber: Nadipos
info gambar

Pisang Nugget

Inovasi dari dunia per-nugget-an di 2018. Kalau dulu nugget berbahan dasar olahan daging, kini juga bisa dinikmati dari bahan dasar pisang! Yang membuat pisang nugget begitu istimewa dan dipuja generasi milenial adalah variasi topping-nya yang bisa dipilih satuan atau kombinasi.

Ayam saus salted egg | Sumber: Tribun Style
info gambar

Saus Salted Egg

Saus ini menjadi inovasi di penyajian ayam goreng. Dengan rasa asin gurih khas telur asin, saus salted egg bisa menambah nuansa tersendiri di lidah kita, menemani pedasnya sambal, renyahnya tepung ayam krispi, dan hangatnya nasi putih.

Hmm… terbayang kan bagaimana nikmatnya? Kalau saus salted egg favoritmu biasanya beli di mana, Kawan GNFI?

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

AI
AH
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini