PT Gudang Garam Tbk (GGRM) akan membangun bandara di Kediri, Jawa Timur. Menurut Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, pembebasan tanah sudah mencapai 70%. Sisanya 30% masih dalam proses negosiasi dengan pemilik lahan saat ini.

Pembangunan Bandara Kediri cukup bergantung dari seberapa cepat pembebasan tanah selesai. Namun menurut Budi, lamanya waktu pembebasan tanah ini sulit diprediksi.

Budi menargetkan pembangunan akan dimulai paling cepat 6 bulan lagi.

Budi mengatakan, persiapan menuju tahap pembangunan sudah 85%. Saat ini sisa proses perizinan yang belum rampung sedang diselesaikan.

"Sudah 85% tinggal 10%. Kan kita nggak boleh juga nggak menyelesaikan masalah administrasi tentang tata ruang, tentang pemrakarsa, itu kan mesti diselesaikan," sebutnya. Pemerintah memberi simyal bahwa operator bandara akan dilakukan oleh PT Angkasa Pura I (Persero) bersama dengan pihak swasta.

Bandara Kediri nantinya akan mempunyai panjang runway 2400 meter, yang akan mampu didarati pesawat berbadan sedang seperti Boeing 737, maupun Airbus 320, dan akan diperpanjang hingga 3000 m sehingga akan bisa didarati pesawat berbadan lebar.

(Dari berbagai sumber)

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu