6 Klub Indonesia dalam Daftar 200 Klub Sepak Bola Terpopuler di Dunia

6 Klub Indonesia dalam Daftar 200 Klub Sepak Bola Terpopuler di Dunia

Supporter Salah Satu Klub Bola asal Indonesia © breakingnews.co.id

Sebuah pencapaian diraih oleh beberapa klub sepak bola asal Indonesia. Hal ini ditunjukan dengan masuknya 6 tim ke daftar 200 klub sepak bola paling populer di dunia, dengan survey berdasarkan aset digital terbanyak.

Riset yang baru saja dilakukan oleh The Global Digital Football Benchmark menunjukkan 200 klub bola paling populer di dunia dibuat peringkat berdasarkan jumlah total pengikut di seluruh media sosialnya seperti Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, dan lain sebagainya.

Dari hasil riset yang dirilis tersebut Real Madrid menduduki puncak teratas dengan aset komunitas digital terbanyak di dunia dengan 242 juta pengikut. Posisi ini kemudian disusul oleh pesaingnya yaitu Barcelona di posisi kedua dengan jumlah pengikut 240 juta.

Dalam daftar 200 klub sepak bola yang paling paling populer, klub bola asal Eropa mendominasi hingga peringkat 15. Namun, ternyata dari ratusan klub populer di dunia itu terselip enam kesebelasan asal Indonesia, lho! Tim mana sajakah itu?

Persib Bandung

Klub asal Bandung ini memiliki pengikut pada komunitas digital sebanyak 15,9 juta. Pengikut komunitas dari media sosial Facebook menjadi penyumbang terbanyak dengan jumlah 9,7 juta pengikut. Selain komunitas digitalnya, dalam dunia nyata pun Persib memiliki komunitas penggemar yang cukup banyak. Dari 6 klub bola Indonesia, Persib menduduki peringkat teratas di posisi ke-23.

Persija Jakarta

Macan Kemayoran yang baru saja menjuarai Go-Jek Liga 1 2018 ini menyusul peringkat Persib Bandung dengan jumlah penggemar digital 5,1 juta komunitas penggemar. Salah satu rival dari Persib Bandung ini menempati urutan ke-55 dari daftar 200 klub sepak bola terpopuler di dunia.

Arema FC

Setelah Persija Jakarta, Arema FC yang memiliki julukan Singo Edan ini menempati peringkat ke-107. Klub bola asal Malang ini menempati peringkat ketiga dari segi aset komunitas digital di Indonesia dengan total 2,3 juta komunitas penggemar digital.

Sriwijaya FC

Klub asal Palembang ini memiliki komunitas penggemar digital sebanyak 1,6 juta. Dengan jumlah tersebut, Laskar Wong Kito menempati peringkat ke-141 dari total 200 klub di daftar ini.

Bali United

Menempati peringkat ke-155, Bali United memiliki perbedaan tipis dengan Sriwijaya FC yaitu dengan total 1,5 juta aset komunitas digital. Dari peringkat tersebut tentunya membuktikan bahwa Bali United telah sukses menarik perhatian peminat sepak bola Indonesia, walau belum lama didirikan.

Persebaya Surabaya

Klub kebanggaan warga Kota Pahlawan ini menempati peringkat ke-196, dengan total aset penggemar digital, 1,1 juta.


Sumber: bolalob.com

Pilih BanggaBangga83%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli10%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi5%
Pilih TerpukauTerpukau2%

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Batu Menyerupai Hewan Ini Menyimpan Mitos, Apakah Itu? Sebelummnya

Batu Menyerupai Hewan Ini Menyimpan Mitos, Apakah Itu?

Ekonomi Digital RI Tumbuh Paling Pesat di Asia Tenggara Selanjutnya

Ekonomi Digital RI Tumbuh Paling Pesat di Asia Tenggara

Dea Apriliani
@deaaapriliani

Dea Apriliani

journalist student.

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.